Notification

×

Iklan

Karhutla di Perbukitan Danau Toba Meluas 10 Hektar, Dishut Sumut Bantu Pemadaman

Senin, 01 Agustus 2022 | 13:49 WIB Last Updated 2022-08-01T07:16:18Z
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di pebukitan Danau Toba di Kecamatan Harian, Samosir sejak Minggu (31/7/2022). Dishut Sumut telah menerjunkan personel untuk upaya pemadaman.
SAMOSIR (Kliik.id) -
Kawasan pebukitan di Danau Toba, tepatnya di sekitar Desa Partungko Naginjang perbatasan di Desa Hariarapintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, kembali terjadi lagi.

Kebakaran sejak Minggu (31/7/2022) siang tersebut, dikabarkan masih berlangsung sejauh ini. Luas areal yang dilahap api telah mencapai sekitar 10 hektar.

Adapun lokasi kebakaran berdekatan dengan objek wisata favorit di kawasan Danau Toba, yakni Menara Padang Tele, yang selama ini menjadi spot wisatawan berfoto dengan latar foto pemandangan indah Danau Toba.

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Sumut, Herianto, mengatakan pihaknya telah mengetahui karhutla tersebut.

"Sudah sekitar 10 hektar luas lahan yang terbakar," ujar Herianto menjawab konfirmasi, Senin (01/8/2022).

Ia mengatakan telah menerjunkan petugas untuk upaya memadamkan api, yakni personil dari KPH 12 dan KPH 14. Karena, lokasi kebakaran berada di Unit KPH 13.

Herianto juga meminta bantuan dari masyarakat setempat untuk ikut membantu pemadaman. Dari pihak TNI dan Kepolisian, juga ikut membantu pemadaman.

"Kita perlu bantuan juga karena memang kita ada kendala, kekurangan personil. Selain itu juga memang medannya sulit," ujarnya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update