Notification

×

Iklan

Terima Kunjungan Bawaslu, Ketua DPRD Sumut Tekankan Kesiapan Pemilu 2024

Kamis, 07 Juli 2022 | 20:16 WIB Last Updated 2022-07-08T15:22:14Z
Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menerima kunjungan Bawaslu Sumut.
MEDAN (Kliik.id) - 
Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut), Baskami Ginting, menegaskan semua pihak harus mendukung penyelenggaraan pemilu serentak 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Baskami saat menerima kunjungan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut ke DPRD Sumut, Rabu (6/6/2022).

Hadir juga Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan, Anggota Bawaslu Sumut, Suhadi Situmorang, Hardi Munthe, beserta jajaran staf dan kesekretariatan.

"Saya menekankan kesiapan dalam penyelenggaraan pemilu dan semua stakeholder baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota. Pemilu serentak ini menjadi tolok ukur demokrasi kita," ujar Baskami.

Baskami mengatakan, Bawaslu bersama KPU dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) merupakan 'triumvirat' dan menjadi tulang punggung dalam proses penyelenggaraan hajatan pemilu tersebut.

"Saya yakin kita secara bersama-sama, bekerja secara totalitas baik dari sisi perencanaan hingga nanti proses penyelenggaraan pemilu. Pemilu itu pesta rakyat dan kita harus bersukacita bukan saling menjatuhkan satu dengan lainnya," jelasnya.

Politisi senior PDI Perjuangan itu juga mengingatkan, akan ada indikasi politik identitas yang menggunakan SARA dalam kontestasi nanti. Ia berharap Bawaslu Sumut dengan segenap pengalaman dalam mengawas tindakan pelanggaran pemilu, dapat dengan segera mengidentifikasinya.

"Di Sumut kita tahu, begitu banyak pelanggaran dengan politik identitas yang dapat memecah belah, saya kira kita perlu mengedukasi baik peserta dan masyarakat tentang hakikat persatuan bangsa ini," tambahnya.

Baskami juga menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasinya, atas jalinan komunikasi untuk memudahkan koordinasi antar lembaga tersebut.

Ia berharap ke depan, menjelang pemilu, diadakan pertemuan lanjutan dengan pembahasan lebih mendalam terkait pelaksanaan pemilu tersebut.

Senada dengan Baskami, Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan menyampaikan, kedatangan pihaknya bertujuan dalam rangka koordinasi pelaksanaan pemilu 2024.

"Kita menginginkan masukan dari Bapak Ketua DPRD terkait pelaksanaan pemilu serentak ini, baik Pileg, Pilpres dan Pilgubsu serta pilkada di 33 kabupaten/kota," katanya.

Ke depan, lanjut Syafrida, pihaknya akan bersilaturahmi ke kantor partai politik sebagai langkah silaturahmi dan merajut komunikasi yang erat demi kesuksesan pemilu 2024. (Rls)
×
Berita Terbaru Update