Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Ketua PDIP Sumut Tinjau Lokasi Pembangunan Monumen Bung Karno di Parapat Simalungun

Sabtu, 12 Maret 2022 | 13:56 WIB Last Updated 2022-03-12T12:08:48Z
Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon meninjau lokasi pembangunan Monumen Bung Karno di Parapat, Kabupaten Simalungun.
SIMALUNGUN (Kliik.id) - 
Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Sumatera Utara Rapidin Simbolon didampingi Ketua Fraksi DPD PDIP DPRD Sumut Mangapul Purba dan Anggota Fraksi PDIP DPRD Simalungun Maraden Sinaga meninjau tempat pengasingan atau pesanggrahan Bung Karno di Parapat, Kabupaten Simalungun, Jumat (11/3/2022).

Peninjauan tersebut dilakukan terkait rencana akan dibangunnya Monumen Bung Karno di sekitar pesanggrahan tersebut.

"Sesuai dengan pembicaraan kita dengan Gubsu terkait rencana akan dibangunnya Monumen Bung karno, maka kita hari ini kita meninjau lokasi yang nantinya akan berdiri monumen tersebut," ujar Rapidin dalam keterangan yang diterima, Sabtu (12/3/2022).

Rapidin mengatakan bahwa PDIP sangat mendukung rencana Gubsu Edy Rahmayadi. Pesanggrahan ini, kata Rapidin, merupakan tempat penting bagi perjalanan sejarah bangsa ini dan tidak boleh dilupakan oleh masyarakat Sumut.

"Dengan berdirinya monumen Bung Karno, kita berharap masyarakat bisa melakukan kunjungan wisata sejarah ke tempat ini, karena memang tempat ini tidak bisa dipisahkan dari perjalanan sejarah bangsa ini dalam meraih kemerdekaan dan sejarah pemersatuan bangsa ini dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote. Jadi bagi penikmat wisata sejarah boleh ke Blitar dan boleh juga ke Parapat untuk lebih mengenal lagi heroisme perjuangan Bung Karno," ucap Rapidin Simbolon.

Selain itu, lanjut Rapidin, dengan adanya monumen ini nantinya jika dikelola dengan baik maka bisa menjadi destinasi wisata baru yang bisa menumbuhkan sisi perekonomian daerah terutama masyarakat setempat.

"Kita lihat Makam Bung Karno di Blitar bisa menghidupi masyarakat sekitar karena banyaknya pengunjung. Kita berharap kedepannya pesanggrahan ini bisa juga menjadi pengungkit ekonomi masyarakat sekitar," kata mantan Bupati Samosir tersebut.

Senada, Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut Mangapul Purba dalam mengatakan bahwa dirinya bersama tim desain telah bekerja mengambil gambar untuk dijadikan kajian teknis pembangunan monumen.

"Ada dua alternatif yang akan kita tawarkan akan tetapi tawaran ini menunggu tim teknis usai melakukan kegiatanny," kata Mangapul.

Mangapul mengaku, PDIP Sumut sangat serius mendorong berdirinya monumen Bung Karno, karena memiliki nilai sejarah yang sangat penting bagi masyarakat Sumut dan Indonesia.

"Sesuai dengan instruksi Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, maka kami Fraksi PDI Perjuangan akan terus memperjuangkan berdirinya monumen Bung Karno di Parapat ini," pungkas Mangapul. (Rls)
×
Berita Terbaru Update