Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Epidemiolog UI: RI Sudah Bisa Bebas Karantina dan Cabut Antigen-PCR bagi PPLN

Senin, 21 Maret 2022 | 09:30 WIB Last Updated 2022-03-21T04:32:55Z
Epidemiolog Pandu Riono dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) mengusulkan Indonesia segera bebas karantina. (detikcom)
JAKARTA (Kliik.id) - 
Epidemiolog Pandu Riono dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) mengusulkan Indonesia segera bebas karantina. Tren kasus COVID-19 menurutnya konsisten menunjukkan perbaikan beberapa pekan terakhir.

Karenanya, pelonggaran bisa terus dilakukan dengan syarat memperkuat cakupan vaksinasi lengkap atau dua dosis hingga vaksinasi COVID-19 booster.

Mengutip prediksi Tim FKM UI, Pandu mengungkap tren kasus harian COVID-19 Indonesia di April 2022 bisa ditekan hingga 1.023 kasus per hari.

"Situasi terakhir pandemi di Indonesia sesuai dengan prediksi, tren kasus turun terus di semua wilayah. Kebijakan pelonggaran bisa terus dilaksanakan secara bertahap," jelas Pandu di Twitter pribadinya, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

"Kebijakan kewajiban karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri yang sudah divaksinasi lengkap dan hasil tes PCR saat kedatangan negatif bisa dihentikan. Indonesia bebas karantina," sambungnya, Senin (21/3/2022).

Pandu sebelumnya juga menyoroti kematian COVID-19 yang tinggi di Hong Kong. Penyebab Omicron tampak lebih 'berbahaya' di Hong Kong dikarenakan angka vaksinasi lansia masih tercatat rendah.

"Belajar dari pengalaman tersebut, kita harus kejar cakupan vaksinasi pada lansia termasuk booster," pungkasnya. (Detik)
×
Berita Terbaru Update