Notification

×

Iklan

Minta Pemda Dukung UMKM, Luhut: Beri Anggaran Cukup!

Sabtu, 04 Desember 2021 | 15:13 WIB Last Updated 2021-12-04T17:16:55Z
Luhut Binsar Pandjaitan. (detikcom)
JAKARTA (Kliik.id) - 
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta seluruh pemerintah daerah (pemda) memberikan dukungan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di daerah.

"Kepada seluruh Pemda mari kita dukung UMKM secara berkelanjutan, beri anggaran cukup," katanya dalam acara Pembukaan Rangkaian Kegiatan Festival Diskon Nasional 2021 yang disiarkan melalui saluran YouTube Kementerian BUMN, Sabtu (4/12/2021).

Pemda diharapkan dapat membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitas agar dapat mengekspor produknya. UMKM perlu diperhatikan karena mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

"Tingkatkan kapasitasnya untuk siap ekspor karena kita juga menciptakan lapangan pekerjaan dan kreasi dari anak-anak bangsa di tempat kita masing-masing," tuturnya.

Luhut meminta pemerintah daerah terus mendukung geliat UMKM, salah satunya melalui Festival Diskon Nasional sebagai bagian dari kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Hal di atas sudah digerakkan di 12 provinsi, meliputi Bali, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Jawa Timur, Aceh, Kalimantan Timur, Maluku, dan terakhir DKI Jakarta.

"Saya berharap 12 provinsi ini tidak berhenti mendampingi UMKM dan justru semakin giat mendorong UMKM, IKM, artisan lokal masuk ekosistem digital," sebut Luhut.

Selanjutnya, tambah Luhut, pemerintah akan terus menggandeng daerah lainnya untuk menggaungkan semangat Bangga Buatan Indonesia. (Detik)
×
Berita Terbaru Update