Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan RSI

Kabareskrim Singgung Banyaknya Gangguan Kamtibmas Wilayah Polda Sumut

Jumat, 17 Desember 2021 | 14:59 WIB Last Updated 2021-12-17T14:05:59Z
Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto memberikan pengarahan di Polda Sumut.
MEDAN (Kliik.id) - 
Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, memberikan pengarahan dan evaluasi terhadap penanganan perkara kepada penyidik di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Jumat (17/12/2021).

Dalam pengarahan evaluasi penanganan perkara itu turut hadir Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama sejumlah Pejabat Utama Polda Sumut.

Dalam arahannya, Agus mengatakan penyidik Polda Sumut dan Polres sejajaran dapat menyusun rencana kedepan dengan fokus untuk menangani akar masalah dan penyelesaian yang preemtif, preventif, dan penegakan hukum.

"Saat ini kita tidak bisa bekerja hanya melihat wilayah kita sendiri, maka dari itu setiap saat kita harus mengikuti perkembangan informasi dan kondisi global serta nasional untuk mengambil langkah antisipasi. Hal ini dilakukan karena tidak menutup kemungkinan kejadian di wilayah lain dapat terjadi di wilayah kita," katanya.

Agus mengungkapkan, Polda Sumut menjadi wilayah yang jumlah gangguan Kamtibmasnya sangat banyak yaitu sejumlah 34.222 tindak pidana pada tahun 2021.

Jenis kejahatan konvensional, transnasional, kekayaan negara dan berimplikasi kontijensi di Polda Sumut, kata Agus, cukup tinggi.

"Oleh karena itu para penyidik jangan meninggalkan kemampuan penyidik dan penyelidik tradisional, sehingga apabila peralatan canggih seperti tidak ada sinyal, kita tetap mampu melakukan penyelidikan," ungkapnya.

"Tetap lakukan tahapan penyidikan yang ada, seperti contoh kasus pertanahan, kita harus mengetahui betul alas hak, dan kapasitas pelapor seperti apa, karena bapak Kapolri menginginkan penegakan hukum sebagai tahap ultimum remidium, artinya harus dapat membuka ruang mediasi seluas-luasnya," harapnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, menerangkan secara umum program Kapolri yang mengusung transformasi operasional pada bidang penegakan hukum, Polda Sumut telah melakukan berbagai perubahan menuju lebih baik seperti sosialisasi Perkab No 8.

"Upaya kita untuk memperbaiki pelayanan dibidang penegakan hukum dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Kami berharap apa yang menjadi arahan bapak Kabareskrim dapat menjadi pedoman bagi seluruh personel utamanya penyidik," katanya.

"Kami ucapkan apresiasi kepada Bapak Kabareskrim dan rombongan yang telah menyempatkan waktu untuk memberikan arahan kepada personel penyidik Polda Sumut," pungkasnya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update