Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan RSI

Pangdam I BB Beri Bantuan 20 Ribu Bibit Pohon Aren di Kawasan Danau Toba

Minggu, 10 Oktober 2021 | 19:21 WIB Last Updated 2021-10-10T12:21:04Z
Pangdam I Bukit Barisan Mayjend. TNI Hassanudin, S.I.P., M.M bersama Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH membagikan 20 Ribu bibit pohon Aren (Enau) secara simbolis kepada puluhan kelompok tani sekawasan Danau Toba, di Girsang I, Kel. Girsang Kec. Girsang Sipangan Bolon Kab. Simalungun, Minggu (10/10/2021).


Simalungun (Kliik.Id) - Pangdam I Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Hassanudin, S.I.P., M.M bersama Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH membagikan 20 Ribu bibit pohon Aren (Enau) secara simbolis kepada puluhan kelompok tani sekawasan Danau Toba, di Girsang I,Kelurahan Girsang Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun,Minggu (10/10/2021).


Pembagian bibit pohon aren ini tampak hadir dalam acara tersebut, Danrem 022/PT Kol Inf Parlindungan Hutagalung, S.A.P, Danrindam I/BB Kolonel Inf Waston Purba S.I.P, Asintel Kasdam I/BB Kol Inf Tri Joko Adiwiyono, Asops Kasdam I/BB Kol Inf Kritomei Sianturi, S.Sos, Aster kasdam Kasdam I/BB Kolonel Inf Ganda Simatupang, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra, Dandim 0207/SML Letkol Inf Roly Souhoka, Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto, Kasmin Pangdam I/BB Mayor inf Fernandlp Batubara, Kabag Ops Polres Toba Kompol Jhonny siregar, Camat Girsang Sipangan Bolon Maruwandi Yosua Simaibang, Lurah Girsang Agustina Siagian, Lurah Tigaraja Darmadonni Silalahi, Lurah Parapat Rohana SinagaKapolres Simalungun AKBP Dedy Nicolas, Sekda Tobasa Audy Murphy Sitorus, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani beserta perwakilan kelompok tani.


Dalam sambutannya PangDam I BB menyampaikan, bahwa tujuan pemerintah sampai saat ini tak ada niat menyengsarakan rakyatnya, sebab sudah tercermin dalam Sila ke 5 dalam Pancasila kita yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, tentu dengan beragam bantuan yang dianggap mampu membantu ekonomi rakyat dari berbagai sektor.


"Kami akan membagikan bibit pohon aren dengan multifungsi yang dihasilkannya, terutama untuk bahan baku gula aren dan lainnya, dari pelepahnya juga bisa difungsikan untuk sapu lidi dan dari batang dan dahannya semua dapat difungsikan. Pohon aren juga dapat sebagai penyangga air, termasuk eucalyptus dan pohon kemiri. Semua baik untuk kawasan Danau Toba," ujar Mayjend Hasanuddin.


PangDam I BB juga menyampaikan bahwa pohon Aren cukup bagus, akarnya kuat, dan bibit ini didatangkan Asisten Operasi Kasdam I/BB (Asops) Kolonel Inf. Kristomei Sianturi dari luar Sumatera tepatnya dari Banyumas dan Bandung Barat.


"Jadi bibit Aren ini bibit unggul, lalu apa yang saya sampaikan saat ini bukan seperti makan cabai yang digit langsung pedas, tapi penanaman pohon aren ini masih berproses, dan tanamlah dengan baik," pesan Pangdam kepada para kelompok tani.


Permintaan bibit aren ini muncul ketika dilakukannya virtual dialog tentang kelestarian Danau Toba. Dalam dialog bersama para pemerhati, akademisi, pemerintah daerah, pejabat Kodam I/Bukit Barisan dan Polda Sumatera Utara tersebut, ia menyampaikan bahwa salah satu bibit pohon yang dibutuhkan masyarakat di sekitar Danau Toba adalah bibit aren.


Sementara itu Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga SH MM, menyebutkan acara penyerahan bantuan bibit pohon aren kepada sejumlah kelompok tani kita adalah bagian dari upaya peningkatan ekonomi masyarakat.


"Sebab pohon aren ini memiliki banyak manfaat, mulai dari bahan baku atap, ijuk, buah kolang kaling, cuka, gula aren, tepung dan aneka olahan lainnya," ujar Radiapoh.


* Multifungsi Pohon Aren

Pohon aren atau pohon enau (Arenga pinnata) adalah pohon yang serba guna dan hampir semua bagian pohonnya dapat dimanfaatkan seperti daun, buah, hingga batang kayunya dan ini beberapa fungsi pokoknya :

1. Gula aren

Gula aren berasal dari nira yang  merupakan hasil sadapan pohon aren. Nira tersebut diolah menjadi gula yang padat dan berwarna cokelat cerah. Gula aren biasanya dibentuk menjadi dua macam, yaitu berbentuk silinder dan berbentuk batok runcing yang dibungkus dengan daun kelapa kering.

2. Pengembang roti

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai gula aren, nira tadi ternyata bisa digunakan juga sebagai bahan pengembang dalam pembuatan roti. Campuran nira pada adonan roti bisa membuatnya mengembang dengan baik dan sempurna.

3. Kolang-kaling

Mendengar kata kolang-kaling, kita pasti segera membayangkan es campur yang segar atau kolak pisang, kolang-kaling yang menjadi bahan campuran. (AS/Rls)

×
Berita Terbaru Update