Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan RSI

Harmoko Wafat, Airlangga: Keluarga Besar Golkar Merasa Kehilangan

Senin, 05 Juli 2021 | 08:43 WIB Last Updated 2021-07-05T01:43:23Z
Airlangga Hartarto (Foto: detikcom)
JAKARTA (Kliik.id) - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya Harmoko, Ketua Umum Partai Golongan Karya periode 1993-1993.

Ia merasa kehilangan sosok yang pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan (1983-1997), serta Ketua DPR/MPR (1997-1999).

"Keluarga besar Partai Golkar merasa sangat kehilangan dengan kepergian Bapak Harmoko pada hari ini, 4 Juli 2021," ungkap Airlangga, Senin (5/7/2021).

"Kepemimpinan beliau di masa transisi reformasi sungguh berat dan penuh tantangan. Itu merupakan ujian berat seorang pemimpin partai besar, dan dengan segala dinamikanya berhasil dilalui," lanjutnya.

Airlangga menambahkan di masa jabatannya, baik sebagai Ketua Umum Partai Golkar maupun sebagai Menteri Penerangan, Harmoko sering melakukan kegiatan Safari Ramadhan ke daerah dan pedesaan.

Menurutnya, hal itu merupakan perubahan paradigma komunikasi publik yang sangat berarti.

"Dengan latar belakang kewartawanannya, beliau mampu memanfaatkan keluasan wawasan dan kemampuan berinteraksi dengan banyak kalangan, sehingga pola komunikasi politik pun menjadi cair, sederhana, tidak lagi sekaku masa-masa sebelumnya," ulas Airlangga.

Secara internal partai, Airlangga menyebut Harmoko memiliki catatan besar, karena di masa kepemimpinanbnya anyak aktivis diundang masuk dan direkrut, hingga kemudian menjadi tulang punggung Partai Golkar.

"Itu adalah jejak sejarah beliau yang perlu diteladani, dan saya pribadi mengapresiasi langkah-langkah itu," cetus Airlangga.

"Semoga almarhum diterima disisi Allah SWT dan dibukakan pintu surga untuknya," imbuhnya. (Detik)
×
Berita Terbaru Update