Notification

×

Iklan

Bertemu Dubes Amerika, Meryl Saragih Ajak Kembangkan Potensi Wisata Danau Toba

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 12:05 WIB Last Updated 2022-10-15T06:13:08Z
Anggota DPRD Sumut, Meryl Rouli Saragih (Ke-4 dari kiri) bertemu Duta Besar Amerika Serikat di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.
TOBA (Kliik.id) - 
Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Meryl Rouli Saragih memenuhi undangan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia HE Amb Sung Y Kim.

Undangan pertemuan tersebut merupakan rangkaian kegiatan International Visitor Leadership Program (IVLP) beberapa waktu lalu ke Amerika Serikat. Undangan berlangsung di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (14/10/2022).

Hadir juga Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Utara Mr Gordon S Church, Jimmy Bernando Panjaitan sebagai kepala Badan BPOD dan rekan lainnya.

Meryl menyampaikan bahwa pertemuan tersebut adalah serangkaian kunjungan kerja Kedutaan Amerika ke Sumatera Utara dalam pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba. Ia bakal bahas bersama dengan stakeholder yang ada di kawasan Danau Toba.

"Undangan ini merupakan rangkaian kunjungan kerja duta Amerika Serikat ke Sumatera Utara. Saya hadir kesini memenuhi undangan sebagai salah satu peserta International Visitor Leadership Program (IVLP) merupakan program pertukaran pendidikan profesional unggulan dari Departemen Luar Negeri AS yang difasilitasi melalui Biro Pendidikan dan Kebudayaan di Amerika Serikat yang berlangsung 5-20 September 2022 lalu," ujar Meryl.

Politisi muda PDI Perjuangan ini mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut membahas terkait tentang program pembangunan budaya dan pariwisata dan kearifan lokal di kawasan Danau Toba.

"Kami berbincang mengenai pembangunan budaya, pariwisata, sumber daya alam serta sumber daya manusia dalam mengembangkan ke arifan lokal dan potensi-potensi lain sekitar kawasan danau toba yang di kelilingi oleh 7 Kabupaten/Kota seperti Karo, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, dan Dairi," jelas Meryl.

Selanjutnya, Duta Besar Amerika Serikat menyampaikan apresiasi atas kunjungannya ke Danau Toba, Sumatera Utara.

Ia berharap bisa berkerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dengan pemerintah Sumatera Utara khusus untuk kabupaten/kota yang mengelilingi Danau Toba baik dalam bentuk investasi, pemberdayaan manusia atau pelestarian lingkungan yang merupakan kawasan destinasi yang menjadi prioritas pemerintah Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar terlihat senang melihat keindahan Danau Toba dan bisa bekerja sama untuk pembangunan Danau Toba.

"Saya juga senang berada disini dan mengunjungi Danau Toba yang sangat indah ini, kami berharap dan kami juga banyak mendengar dan informasi dan potensi ada di danau toba dari Meryl dan rekan-rekan yang sudah hadir hari ini dan kami ingin berinvestasi di Sumatera Utara,' ucap Duta Besar Amerika tersebut.

"Semoga ke depannya banyak kolaborasi dan sinergi yang bisa kita bangun bersama antara pemerintah Sumatera Utara dan pemerintah Amerika Serikat dan kita membahas bagaimana pengembangan pariwisata dan tourism. Dan kita juga akan memperdalam kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat dan lebih khususnya antara Amerika dan Sumatera," sambungnya.

Konsulat di Medan telah menyelenggarakan investasi pada bulan Agustus kemarin dan direncanakan dua minggu lagi, pihaknya akan seminar soal investasi di Batam.

"Dan saya nantikan lihat Danau Toba lebih banyak esok," pungkasnya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update