Notification

×

Iklan

Paripurna DPRDSU Dengar Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi, Baskami Dukung UMKM Sumut 'Naik Kelas'

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:28 WIB Last Updated 2022-08-17T00:41:05Z

 


Medan (Kliik.Id) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI, Selasa (16/8/2022). Pada pidato yang diucapkan dalam rangka HUT Ke-77 RI itu, Presiden Jokowi menyampaikan isu strategis nasional dan pencapaian bangsa ke depan. 


Pantauan lapangan, paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting. Hadir Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Wagub, Musa Rajeckshah dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut. 


Usai acara, kepada awak media, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menyampaikan dukungannya terhadap gagasan yang disampaikan Presiden Jokowi. Salah satunya terkait Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus 'naik kelas'. 


"Bapak Presiden menyampaikan kepada kita, hal-hal strategis nasional dan proyeksi ke depan. Satu diantaranya, UMKM kita harus naik kelas," katanya. 


Selaras dengan penyampaian Presiden, lanjut Baskami, saat ini sektor UMKM bergerak ke arah ekosistem digital guna menghadapi kompetisi global. Baskami mengungkapkan, generasi muda berperan besar dalam transformasi digital ini. 


"Berkali-kali saya menekankan generasi muda untuk terus memperkuat literasi digital," jelasnya. Sehingga, nantinya, menurut Baskami, generasi muda, khususnya di Sumatera Utara memiliki keterampilan yang dapat menguasai multi platform digital. 


Untuk lebih lanjut, sambungnya, generasi muda menjadi tulang punggung UMKM dan ekonomi kreatif. "Maka UMKM kita akan naik kelas dan dapat menghadapi tantangan global. Kita harus bangga dengan karya anak bangsa," tambahnya. 


Dikatakannya, sektor UMKM di Sumatera Utara yang terus meningkat siginifikan, memberikan kontribusi positif bagi pendapatan daerah. 


"Sehingga bila nantinya digitalisasi ini dengan peran anak muda dapat inklusif dengan sektor UMKM, pertanian, perkebunan, perikanan dan lainnya saya percaya hasilnya akan maksimal," jelasnya. 


Pemerintah, kata Baskami, bertugas memberikan iklim positif bagi UMKM, kemudahan perizinan, akses permodalan agar UMKM terus tumbuh dan dapat berdaya saing. 


Diberitakan sebelumnya, pada sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kenegaraan. 


Pada pidato tersebut, Presiden menyampaikan isu strategis, keberhasilan Indonesia melewati kemelut covid-19,pembangunan IKN, kepastian hukum, pemberantasan korupsi, perekonomian nasional termasuk sektor UMKM. 


Berikut kutipan pidato Presiden Jokowi. 


"Yang keempat, UMKM harus terus didukung agar bisa segera naik kelas. Digitalisasi ekonomi yang telah melahirkan dua decacorn dan sembilan unicorn terus kita dorong untuk membantu pemberdayaan UMKM. 19 juta UMKM telah masuk dalam ekosistem digital dan ditargetkan sebesar 30 juta UMKM akan masuk ekosistem digital pada tahun 2024."


Berbagai bantuan pendanaan murah juga terus dilanjutkan. Penayangan produk UMKM di E-katalog pemerintah diharapkan akan menyerap produk UMKM. Di saat yang sama, kewajiban APBN, APBD, dan BUMN untuk membeli produk dalam negeri juga akan terus didisiplinkan".

×
Berita Terbaru Update