Notification

×

Iklan

Jelang HUT RI, Jokowi Gelar Zikir Kebangsaan di Istana Malam Ini

Senin, 01 Agustus 2022 | 12:19 WIB Last Updated 2022-08-01T06:24:46Z
Foto ilustrasi. (detikcom)
JAKARTA (Kliik.id) - 
Sejumlah kegiatan bakal digelar pada Agustus 2022 untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT ke-77 RI. Rangkaian kegiatan bakal diawali zikir kebangsaan malam ini.

Peringatan HUT RI dimulai dengan agenda konferensi pers bersama di gedung Kemensetneg, Senin (1/8/2022). Hadir dalam konferensi pers itu Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Kemensetneg Setya Utama dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Peringatan HUT RI dimulai hari ini hingga acara puncak pada 17 Agustus nanti. Berikut rangkaian peringatan HUT RI yang dijelaskan oleh Setya Utama: 

1 Agustus 2022

Setya menjelaskan malam nanti bakal kegiatan zikir kebangsaan di Istana Merdeka. Kegiatan itu dihadiri oleh para tokoh lintas agama.

"Kemudian nanti malam akan diadakan zikir kebangsaan di Istana Merdeka diikuti oleh para tokoh lintas agana di Istana Merdeka," ujar Setya. 

13-22 Agustus 2022

Pemerintah juga bakal melaksanakan pameran arsip dan mobil kepresidenan di Sarinah. Tema dari kegiatan itu adalah Indonesia Menjawab.

"Jadi kami akan memamerkan arsip berupa dokumentasi foto, video juga dokumen-dokumen yang barangkali masyarakat belum pernah lihat itu," ujar Setya.

"Dan kita akan lebih menekankan bagaimana presiden, 7 presiden ini menjawab krisis dan tantangan di zamannya masing-masing," sambung Setya.

10 Agustus 2022

Setelah itu, bakal ada peringatan kebangkitan teknologi nasional. Kegiatan diperingati pada 10 Agustus 2022.

11 Agustus 2022

Sehari setelahnya, upacara peringatan Hari Pramuka ke-61 digelar di Istana.

12 Agustus 2022

Upacara penganugerahan tanda kehormatan Republik Indonesia bakal digelar di Istana pada 12 Agustus 2022. 

15 Agustus 2022

Pemerintah juga bakal mengukuhkan Paskibraka yang akan bertugas di Istana pada 15 Agustus 2022. Selain itu, pada hari itu juga bakal ada Hari Belanja Diskon Indonesia.

"Kemudian ada ini yang menarik buat terutama ibu-ibu dan semua masyarakat tentunya juga hari belanja diskon Indonesia yang dimulai tanggal 15 Agustus," ujar Setya Utama.

16 Agustus 2022

Selanjutnya ada pidato kenegaraan dan pidato penyampaian RUU APBN 2023 yang akan disampaikan Presiden Jokowi pada 16 Agustus di gedung MPR/DPR.

Pada malam harinya, Jokowi akan menghadiri apel kehormatan dan renungan suci. 17 Agustus 2022 Upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana. 

18 Agustus 2022

Peringatan Hari Konstitusi di Gedung MPR/DPR.

Soft Launching TMII

Selanjutnya pemerintah juga menargetkan soft launching TMII di bulan Agustus ini. Kegiatan ini sekaligus peringatan kemerdekaan RI dan menyambut tamu-tamu G20.

"Kemudian sebagai penutup di Taman Mini Indonesia Indah akan dilaksanakan Festival. Dan ini juga akan digabungkan antara peringatan kemerdekaan dan juga kita menyambut tamu-tamu G20 nanti dengan festival rhapsody of archipelago di Taman Mini Indonesia Indah. Sambil mungkin soft launching dari Taman Mini Indonesia Indah yang sekarang sedang dibangun mudah-mudahan di akhir Agustus sudah rapi dan bisa kita gunakan untuk event tersebut," beber Setya.

(Detik)
×
Berita Terbaru Update