Notification

×

Iklan

SK Mendagri Sudah Turun, Wali Kota Tanjung Balai dan Siantar Definitif Belum Dilantik, Ada Apa Pak Gubernur?

Selasa, 19 Juli 2022 | 11:11 WIB Last Updated 2022-07-19T17:22:05Z
Waris Tholib (Kiri) dan Susanti Dewayani (Kanan)
MEDAN (Kliik.id) - 
Plt Wali Kota Tanjung Balai, Waris Tholib, sudah menjadi Wali Kota Tanjung Balai definitif. Begitu juga dengan Plt Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani.

SK keduanya menjadi wali kota definitif, sudah turun dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, yakni pada pertengahan Juni 2022.

Namun, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, hingga hari ini, Selasa (19/7/2022), belum juga melantik Waris Tholib dan Susanti Dewayani. Padahal, sebelumnya Edy sudah memanggil Waris dan Susanti ke Kantor Gubernur Sumut, Kamis (7/4/2022) lalu.

Saat itu, Edy mengutarakan keinginannya agar Waris dan Susanti segera menjadi wali kota definitif. Keduanya juga diminta Edy untuk mempersiapkan calon wakil wali kota yang bisa diajak bersinergi.

Saat dikonfirmasi, Senin (4/7/2022) soal kapan pelantikan Wali Kota Tanjung Balai dan Pematangsiantar, Edy mengatakan akan mempelajari lebih dulu SK Mendagri jika sudah benar turun.

Hal yang sama ditanyakan wartawan kembali pada Rabu (13/07/2022), Edy mengatakan akan melihat SK-nya terlebih dahulu.

"Nanti saya lihat, saya belum tahu apakah sudah ada SK-nya," ujar Edy.

Terakhir pada Senin (18/07/2022), pertanyaan yang sama juga kembali disampaikan wartawan.

"Waduh saya belum dapat itu, mungkin dalam proseslah. Tak usah juga buru-buru dilantik," kata Edy.

Terpisah, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut, Zubaidi, mengatakan, SK Wali Kota Tanjung Balai dan Pematangsiantar defenitif sudah turun dari Mendagri.

"SK untuk Wali Kota Tanjung Balai yang terlebih dahulu terbit. Tak lama kemudian barulah SK Wali Kota Siantar keluar," ujar Zubaidi, Kamis (23/6/2022) lalu.

Sebagaimana diketahui, baik Waris maupun Susanti saat ini masih menjabat sebagai wakil wali kota hasil Pilkada serentak 2020. Keduanya menjadi Plt Wali Kota karena wali kota masing-masing berhalangan tetap.

Sebelumnya, Waris Tholib dilantik Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi sebagai Wakil Wali Kota Tanjung Balai, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jumat (22/2/2021).

Saat itu Wali Kota Tanjung Balai, Syahrial, juga ikut dilantik. Mereka berdua adalah kepala daerah hasil Pilkada serentak Tanjungbalai tahun 2020.

Namun pada 22 April 2021, Syarial berurusan dengan KPK dalam kasus hukum dugaan suap kepada penyidik KPK. Ia kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Lalu, Gubernur Sumut mengeluarkan keputusan penunjukan Waris Tholib sebagai Plt Wali Kota Tanjung Balai pada 3 Mei 2021.

Sementara, Susanti Dewayani juga dilantik Edy Rahmayadi pada Selasa (22/2/2022) sore, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan.

Susanti Dewayani bersama Wali Kota Pematangsiantar terpilih, Asner Silalahi, merupakan hasil Pilkada serentak tahun 2022 lalu. Namun, Asner Silalahi tidak ikut dilantik karena berhalangan tetap, yakni meninggal dunia pada Desember 2020. (Rls)
×
Berita Terbaru Update