Notification

×

Iklan

Kemarau Panjang, PDIP dan WALUBI Sumut Distribusikan Air Bersih di Samosir

Kamis, 21 Juli 2022 | 20:41 WIB Last Updated 2022-07-22T01:51:30Z
Bantuan air bersih di Kabupaten Samosir.
SAMOSIR (Kliik.id) - 
Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Sumatera Utara (Sumut) Rapidin Simbolon didampingi Ketua DPC PDIP Kabupaten Samosir Ramlan Silalahi dan Ketua DPRD Samosir Sorta Ertati Siahaan, melepas armada angkutan air bersih untuk membantu masyarakat yang kekurangan air bersih akibat kemarau panjang yang mendera Kabupaten Samosir, Kamis (21/7/2022).

Dalam pendistribusian air bersih ini, PDIP Sumut berkolaborasi dengan DPD WALUBI (Perwakilan Umat Buddha Indonesia), GANTI (Gerakan Nelayan dan Tani Indonesia) Sumut selaku sayap PDIP serta melibatkan unsur DPC, PAC dan Ranting PDIP se-Kabupaten Samosir.

"Kegiatan ini berawal saat saya turun ke masyarakat dan banyak masyarakat mengeluhkan sudah hampir satu bulan ini, mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih akibat kemarau yang berkepanjangan, dan sebagai langkah konkrit kita menyediakan armada air bersih berupa truk tangki untuk menyalurkan air bersih kepada warga yang kesulitan air bersih," kata Rapidin di sela-sela kegiatan tersebut.

Rapidin juga menjelaskan untuk tahap awal penyaluran akan difokuskan untuk membantu dua kecamatan yaitu Kecamatan Pagururan dan Kecamatan Palipi.

"Untuk tahap awal hari ini kita fokus bantu 2 Kecamatan, dan tentunya kedepannya akan meluas lagi ke kecamatan lain mengingat air merupakan kebutuhan primer masyarakat dan sebagai partai yang peduli dengan nasib masyarakat tentu kita tidak boleh diam melihat masalah yang mendera masyarakat," kata Rapidin.

Selain itu, mantan Bupati Samosir tersebut mengungkapkan bahwa dirinya juga ikut mengecek kualitas air yang disalurkan ke masyarakat.

"Tadi kita juga langsung meninjau penyaluran air bersih ke masyarakat untuk memastikan bahwa air yang dibagikan benar-benar air yang memenuhi standart kebersihan dan kesehatan," imbuhnya. 

Terakhir, Rapidin mengajak masyarakat untuk waspada dengan bahaya bencana kekeringan terutama kebakaran.

"Kemarin kita sudah melihat kebakaran hutan akibat dampak kekeringan, untuk itu, saya menghimbau kepada masyarakat untuk waspada agar kejadian tersebut tidak terulang lagi," pungkasnya.

Senada dengan itu, Ketua DPC PDIP Samosir Ramlan Silalahi menyampaikan bahwa dengan semangat gotong royong dari kader-kader PDIP melaksanakan bakti sosial ini.

"Semoga bisa mengurangi kesulitan masyarakat yang membutuhkan air bersih," ungkap Ramlan.

Sementara itu, Beng Ho selaku perwakilan DPD WALUBI Sumut didampingi pengurus lainnya Paimin, Siu Yong, Yenna, Sinta mengatakan bahwa kehadiran pihaknya bekerjasama dengan PDIP untuk menjalankan program sosial.

"Kehadiran kita terjun langsung di Samosir untuk menjalankan program sosial, peduli kemanusiaan dengan harapannya kegiatan ini dapat membantu masyarakat Samosir. Sementara itu masyarakat yang menerima bantuan air bersih merasa senang," katanya. 

"Terimakasih PDI Perjuangan, semoga semakin peduli dengan nasib rakyat kecil," ujar masyarakat saat menerima bantuan.

Rapidin juga meninjau langsung penyaluran air bersih ke rumah-rumah warga secara langsung. Kegiatan perdana pendistribusian air bersih akan berjalan selama satu bulan kedepan, bila tidak turun hujan dengan menurunkan 2 unit truk tangki air berkapasitas @7.000 liter, yang dimulai dari 2 Kecamatan yakni Pangururan dan Palipi. (Rls)
×
Berita Terbaru Update