Notification

×

Iklan

Jelang Idul Adha, Ketua DPRD Sumut Minta Pemprov Antisipasi Wabah PMK Untuk Hewan Kurban

Kamis, 09 Juni 2022 | 12:10 WIB Last Updated 2022-06-09T17:17:55Z
Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting.
MEDAN (Kliik.id) - 
Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut), Baskami Ginting meminta Pemerintah Provinsi Sumut melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Petenakan, melakukan langkah cepat antisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak.

Menurut Baskami, masih ada waktu sekitar sebulan jelang Idul Adha dalam melakukan langkah konkrit agar nantinya wabah itu tak menyerang hewan kurban, terutama sapi dan kambing.

"Kita harus mendapatkan jaminan pasokan hewan kurban dalam keadaan sehat dan aman untuk dikonsumsi," ujar Baskami melalui rilis tertulis, Kamis (9/6/2022).

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, kata Baskami, harus terus mensosialisasikan wabah ini kepada para pelaku usaha peternakan serta masyarakat yang memiliki sapi dan kambing dalam jumlah kecil.

"Peternak kita yang memiliki jumlah sapi dan kambing tidak banyak, juga harus diberikan perhatian. Banyak kita jumpai di masyarakat, untuk memelihara sapi dan kambing untuk jadi tabungan agar bisa dijual untuk biaya anak sekolah," katanya.

Baskami mendorong, Pemprov Sumut meminta arahan dari Kementerian Pertanian, mengenai langkah antisipasi yang diambil.

"Apakah sudah tersedia obat dan vaksin yang telah coba dikembangkan untuk penyakit ini," jelasnya.

Tak hanya itu, menurut Baskami, soal pengawasan juga perlu diperketat terutama titik-titik yang rawan terjangkit wabah ini, agar nantinya tidak meluas.

Baskami juga meminta masyarakat untuk tidak panik, sehingga memberikan dampak negatif nantinya terhadap pasar daging sapi dan kambing. Ia menjelaskan, wabah ini tidak menular ke manusia.

Ia berharap dengan langkah konkrit yang dilakukan, sehingga wabah tersebut tak meluas dan memberikan dampak negatif ekonomi yang serius.

"Sehingga Sumut relatif aman dalam ketersediaan sapi dan kambing untuk kurban Idul Adha mendatang," pungkasnya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update