Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Masinton Ingatkan Menteri: Jangan Narsis, Jangan Lompat Pagar!

Selasa, 10 Mei 2022 | 12:57 WIB Last Updated 2022-05-10T14:01:28Z
Masinton Pasaribu. (Foto: detikcom)

JAKARTA (Kliik.id) - 
Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Masinton Pasaribu menilai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para menterinya soal fokus bekerja dan tak mengurus Pemilu 2024 sudah jelas. Dia menilai para menteri Jokowi memang harus mulai mendisiplinkan diri untuk fokus pada tugas masing-masing.

"Pesan Presiden Jokowi sangat jelas kepada menteri-menterinya agar berfokus pada pelaksanaan tugas membantu presiden khususnya pada agenda-agenda prioritas dan strategis negara yaitu mensukseskan seluruh tahapan pelaksanaan agenda pemilu 2024, penanggulangan pandemi dan mengantisipasi gejolak ekonomi global yang berdampak pada perekonomian nasional," kata Masinton saat dihubungi, Selasa (10/5/2022).

Masinton menilai Jokowi mewanti-wanti jajarannya untuk tidak melompati 'pagar' dan mengurus segala hal yang bukan bidang tugasnya. Dia menyebut menteri-menteri harus konsisten pada tugas definitif yang dimandatkan Jokowi.

"Menteri-menteri sebagai pembantu presiden harus mendisiplinkan diri untuk berfokus pada bidang tugasnya masing-masing. Jangan lompat pagar mengurusi segala hal yang bukan bidang tugasnya. Ketatanegaraan kita menganut sistem presidensial, rakyat memberikan mandat dan legitimasi langsung kepada presiden dan wakil presiden melalui pemilu," ucap dia.

"Menteri-menteri harus konsisten kepada tugas definitif yang dimandatkan Presiden. Serta mampu memahami kondisi sulit masyarakat yang terdampak langsung akibat pandemi COVID-19. Kondisi sulit ini seperti ilalang kering yang mudah terbakar. Menteri-menteri jangan memantik api ke ilalang kering," lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Masinton lantas mengkritik menteri yang sibuk mengurus agenda politik untuk 2024. Dia tidak mengungkap siapa menteri yang dimaksud.

"Menteri-menteri wajib memprioritaskan agenda pemerintahan Presiden Jokowi dan bukan menarsiskan diri menjalankan agenda politik pribadi ingin menjadi calon presiden," tuturnya.

Jokowi Minta Menterinya Fokus Kerja

Presiden Jokowi sebelumnya menyebut tahapan Pemilu 2024 akan segera dilakukan. Dia meminta jajarannya bekerja dengan baik sehingga tahapan pemilu bisa berjalan lancar.

"Tahapan Pemilu 2024, yang sudah akan mulai pertengahan tahun ini, saya juga meminta menteri kepala lembaga agar fokus betul-betul bekerja di tugasnya masing-masing," kata Jokowi dalam pengantar Sidang Kabinet Paripurna, seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/5/2022).

Jokowi ingin agenda-agenda prioritas dan strategis negara dilakukan dengan baik sehingga dia mengingatkan menteri dan kepala lembaga negara bekerja fokus.

"Agar agenda strategis nasional yang jadi prioritas kita bersama bisa dipastikan terselenggara dengan baik, Pemilu terselenggara dengan baik, lancar, dan tanpa gangguan," katanya.

Pada pengantar rapat sidang tersebut, Jokowi juga meminta kabinetnya tetap konsentrasi terhadap masalah pandemi dan ekonomi global. Jokowi menilai kedua hal itu belum selesai dan menimbulkan ketidakpastian.

"Saya ingin kita semuanya tetap konsentrasi pada masalah yang berkaitan dengan pandemi dan juga yang berkaitan dengan gejolak ekonomi global yang sampai saat ini belum berhenti, belum selesai dan itu menimbulkan ketidakpastian pada ekonomi semua negara," kata Jokowi seperti dilihat di akun YoTube Sekretariat Negara.

Jokowi menyebut kenaikan harian kasus COVID kini terbilang rendah. Meski begitu, dia meminta masyarakat tetap waspada karena kasus aktif masih tercatat lebih dari 6.000.

"Yang pertama untuk urusan COVID kasus konfirmasi kemarin 227 kasus, memang ini sudah sangat rendah sekali tapi tetap kita harus waspada karena kasus aktif masih 6.192 di negara tetap kita waspadai," ujarnya. (Detik)
×
Berita Terbaru Update