Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Jokowi Ditunjuk Sekjen PBB Jadi Anggota GCRG untuk Tangani Krisis Global

Kamis, 21 April 2022 | 07:31 WIB Last Updated 2022-04-21T01:35:01Z
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, untuk melakukan kunjungan kerja, Rabu (8/1/2022) pagi. (Foto: mediasulsel)
JAKARTA (Kliik.id) - 
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ditunjuk oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres sebagai anggota Champion Group of the Global Crisis Response Group (GCRG).

Ya, hal itu diumumkan oleh Antonio Guterres pada Kamis (20/4/2022). GRCG akan dipimpin langsung oleh Guterres selaku Sekjen PBB.

GRCG dilaporkan bertujuan untuk mendorong konsensus global serta melakukan advokasi solusi untuk mengatasi krisis pangan, energi, dan keuangan global.

Selain Jokowi, Guterres juga mempercayai lima pemimpin dunia lainnya sebagai anggota GRCG, yaitu Presiden Senegal, Kanselir Jerman, Perdana Menteri Barbados, Perdana Menteri Denmark, dan Perdana Menteri Bangladesh.

GCRG on Food, Energy, and Finance secara resmi dibentuk pada 14 Maret 2022 oleh Guterres di Sekretariat PBB, demikian dikutip dari keterangan pers PTRI New York.  

Sebelumnya, anggota grup tersebut terdiri dari sejumlah badan-badan atau agensi PBB. GCRG juga akan berperan mengatur koordinasi antarbadan PBB.

Selain itu, grup ini juga memiliki fungsi untuk merumuskan aksi yang dapat mengentaskan ketiga krisis tersebut, melakukan analisa data krisis, dan mendorong kerja sama berbagai pihak untuk menerapkan solusi yang telah disepakati.

Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) New York mengatakan, pembentukan Champions Group diharapkan dapat memastikan adanya kepemimpinan dan koordinasi tingkat politis.

Hal itu dinilai akan membantu upaya implementasi dari berbagai usulan solusi, strategi, dan aksi para anggota GCRG guna mengatasi krisis pangan, energi dan keuangan global. (Kilat/Rls)
×
Berita Terbaru Update