Notification

×

Iklan

Distrik I PTPN 4 Bah Jambi Jalankan Himbauan Kantor pusat Buat Parit Isolasi Guna Antisipasi Hewan Ternak

Kamis, 17 Maret 2022 | 23:16 WIB Last Updated 2022-03-18T00:49:20Z



Simalungun- Berita himbauan yang dikeluarkan Kantor Pusat PTPN IV beberapa waktu lalu di beberapa media online oleh Khairul sebagai Humas PTPN IV , kini mulai di jalankan di setiap distrik yang berada di dalam naungan PTPN IV,  salah satunya yakni Distrik I kebun unit Bah Jambi.

Himbauan tersebut di terbitkan guna mencegah hama yang salah satunya yakni hewan ternak lembu/sapi. Kebijakan tersebut diperuntukkan untuk meningkatkan kualitas tanaman beserta hasil produksi.

menurut Mawan selaku APK Distrik I kebun unit Bah Jambi , masuk nya ternak di dalam kebun sawit milik PTPN mengakibatkan terganggunya kualitas produksi sawit.

" Jika ternak lembu atau sapi masuk ke tanaman yang berusia 0-15 tahun , maka itu dapat merusak kualitas tanaman bang . Ditambah lagi ternak lembu/sapi yang masuk di tanaman muda bisa memakan pelepah sawit itu , sehingga proses pematangan buah akan lama bang"  

Lanjut , Mawan juga mengatakan bahwa jumlah pelepah untuk tanaman muda yang baik itu sebanyak 68 pelepah untuk tanaman muda . Namun kebanyakan jumlah pelepah untuk tanaman muda saat ini hanya berkisar 42 pelepah akibat habis dimakan oleh hewan/ternak seperti lembu , jadi mengakibatnya buah dari tanaman muda tidak bagus bang , ujar Mawan selaku APK Bah Jambi , kamis 17/03/22

Melihat hal tersebut , kru media kemudian melakukan investigasi dengan turun langsung ke lapangan guna memastikan hal tersebut, kamis 17/03/22

Kru media mendapatkan bahwasanya pembuatan parit isolasi tersebut sedang berlangsung di jalankan , dan kru media juga menemukan fakta di lapangan bahwasanya segerombolan ternak lembu masuk ke tanaman muda dan merusak pelepah sawit yang masih muda.

Hampir di setiap unit yang berada yang berlokasi di kabupaten simalungun diantaranya :Bah Jambi, kebun Dolok Sinumbah, kebun Marihat, kebun Mayang dan lainnya  terdapat ternak lembu yang masuk ke tanaman muda dan merusak serta memakan daun pelepah sawit.

Masuknya lembu/sapi ke tanaman muda membuat proses perkembangan dan hasil produksi buah menjadi turun dan tidak bagus.

Sementara itu ,  Kebun unit Bah Jambi berharap dalam pembuatan parit isolasi tersebut dapat mengurangi hama ternak serta meningkatkan kualitas hasil tanaman dan produksi yang baik karna tanaman menjadi lebih sehat karna cukupnya pelepah kelapa sawit.

Kebun unit Bah Jambi dan kebun kebun simalungun lainnya  juga mengharapkan kerjasama yang baik dari masyarakat untuk dapat memaklumi dan menjaga hewan ternak peliharaannya.

Terkait dengan hal tersebut , PTPN IV menyalurkan CSR dan membantu UMKM di sekitar kebun sehingga membantu perekonomian masyarakat sekitar. Juga banyak masyarakat sekitar kebun yang bekerja sebagai pekerja Vendor pemeliharaan dan lain lain.(AS)
×
Berita Terbaru Update