Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan RSI

Siap-siap! KTP Digital Meluncur Tahun Ini

Jumat, 07 Januari 2022 | 15:49 WIB Last Updated 2022-01-07T10:52:44Z
Foto ilustrasi. (detikcom)
JAKARTA (Kliik.id) - 
Kementerian Dalam Negeri (Kemedagri) berencana menghadirkan e-KTP digital yang bisa disimpan di handphone.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan saat ini KTP digital masih dalam uji coba. Rencananya KTP digit akan meluncur tahun ini.

"Masih uji coba untuk internal dulu. (Rencana) 2022," katanya singkat kepada detikcom, Jumat (7/1/2022).

Meski akan digitalisasi pihaknya tetap akan melayani pembuatan identitas kependudukan atau e-KTP, dengan dua cara. Pertama jalur digital dan kedua layanan manual untuk kartu fisik.

"Rencana dilakukan secara bertahap (e-KTP Digital). Dukcapil akan akan menerapkan prinsip double track system service, pemberian layanan dua jalur, yakni layanan digital dan layanan manual," jelas Zudan dalam akun Youtube resminya.

Nantinya, dalam satu aplikasi identitas digital selain KTP akan dilengkapi menu utama terdiri dari, data keluarga, dokumen kependudukan dan dokumen lainnya yang terintegrasi e-KTP.

Dokumen yang terintegrasi e-KTP di antaranya hasil vaksin, NPWP, kepemilikan kendaraan dan status kepegawaian dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Selain itu, e KTP digital nantinya hadir dalam bentuk foto dan QR code ke handphone.

Sebagai informasi, mulai 2021 Kemendagri telah mulai melakukan uji coba menerapkan e-KTP digital di 50 kabupaten/kota. Beberapa di antaranya mulai dari Salatiga, Dompu, Kota Bima, dan Kota Bandung.

Zudan menjelaskan nanti e-KTP digital diterbitkan oleh menteri, melalui Ditjen Dukcapil yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dan diterbitkan oleh melalui pelayanan adminduk dan pelayanan pengguna secara daring. (Detik)
×
Berita Terbaru Update