Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan RSI

Jelang PTM Terbatas 100 Persen, Ketua DPRD Sumut Minta Pemda Waspada Covid-19 Varian Baru

Selasa, 04 Januari 2022 | 13:37 WIB Last Updated 2022-01-04T11:45:52Z
Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting
MEDAN (Kliik.id) - 
Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting meminta Pemerintah Provinsi Sumut sekaligus kabupaten dan kota yang ada untuk tetap memberlakukan protokol kesehatan ketat di proses belajar mengajar pada sekolah maupun universitas.

Hal ini, kata Baskami, menyusul proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas 100 persen dapat dilaksanakan mulai tahun ini.

"Sebagaimana merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, sudah ada daerah yang boleh melakukan tatap muka 100 persen tergantung kondisi capaian vaksinasi dan level PPKM," ujar Baskami dalam keterangannya, Selasa (4/1/2021).

Baskami mengingatkan agar PTM dengan kapasitas 100 persen tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Menurutnya, penerapan protokol kesehatan diperlukan untuk mencegah penyebaran virus corona terutama varian omicron.

Selain itu, Baskami juga mengingatkan pentingnya menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk tenaga pendidik serta anak usia 6-18 tahun. Kendati PTM dengan kapasitas 100 persen sudah dilakukan, pemerintah juga harus mengakomodir keinginan orang tua yang belum setuju anaknya mengikuti PTM.

"Dinas pendidikan perlu mengakomodir orang tua yang masih belum yakin melepas anaknya untuk PTM. Contohnya dengan memberlakukan pembelajaran jarak jauh)," jelasnya.

Baskami menjelaskan sesuai SKB 4 menteri tersebut, satuan pendidikan di level PPKM 1 dan 2, bisa melaksanakan PTM terbatas setiap hari.

"Dilakukan dengan kapasitas 100 persen dari ruang kelas, dan lama belajar maksimal enam jam per hari," jelasnya.

Akan tetapi, lanjut Baskami, dengan syarat capaian vaksinasi dosis 2 pada tenaga kependidikan di atas 80 persen dan masyarakat lanjut usia di atas 50 persen.

Dikatakan Baskami, di daerah dengan PPKM level 3, PTM bisa dilaksanakan setiap hari secara bergantian dengan kapasitas 50 persen dan lama belajar empat jam per hari. 

"Dengan syarat, capaian vaksinasi dosis 2 pada tenaga kependidikan paling sedikit 40 persen dan masyarakat lanjut usia paling sedikit 10 persen," jelasnya.

Sementara itu, diketahui, Sumatera Utara sebagian besar yakni 26 kabupaten dan kota telah berada di level 1, sisanya 7 daerah berada di PPKM Level 2.

Sumatera Utara

Level 1
Kabupaten Tapanuli Tengah
Kabupaten Tapanuli Utara
Kabupaten Tapanuli Selatan
Kabupaten Nias
Kabupaten Langkat
Kabupaten Deli Serdang
Kabupaten Asahan
Kabupaten Labuhanbatu
Kabupaten Dairi
Kabupaten Toba Samosir
Kabupaten Mandailing Natal
Kabupaten Nias Selatan
Kabupaten Pakpak Bharat
Kabupaten Humbang Hasundutan
Kabupaten Serdang Bedagai
Kabupaten Labuhanbatu Utara
Kabupaten Nias Utara
Kabupaten Nias Barat
Kota Medan
Kota Pematangsiantar
Kota Sibolga
Kota Tanjung Balai
Kota Binjai
Kota Tebing Tinggi
Kota Padang Sidempuan
Kota Gunungsitoli

Level 2

Kabupaten Karo
Kabupaten Simalungun
Kabupaten Samosir
Kabupaten Batu Bara
Kabupaten Padang Lawas Utara
Kabupaten Padang Lawas
Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

(Rls)
×
Berita Terbaru Update