Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

BMKG Prediksi Hujan di Sumut Tiga Hari ke Depan, Waspadai Longsor dan Banjir

Sabtu, 18 Desember 2021 | 11:09 WIB Last Updated 2021-12-18T05:43:23Z
Foto ilustrasi
MEDAN (Kliik.id) - 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Medan memprediksi sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan selama beberapa hari kedepan yakni dari tanggal 18-21 Desember 2021.

Akibatnya, beberapa wilayah juga diprediksi akan mengalami banjir bandang, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi.

Hal itu berdasarkan hasil monitoring analisis sinoptik pada 17 Desember tentang adanya aktivitas angin topan Rai di wilayah Laut Cina Selatan yang memicu tekanan rendah di semenanjung Malaysia dan konvergensi wilayah Pantai Barat Sumatera.

Dimana kondisi tersebut mengakibatkan peningkatan curah hujan di wilayah Sumatera Utara.

Adapun beberapa wilayah Sumatera Utara yang siaga hujan lebat yakni Pakpak Bharat, Serdangbedagai, Kota Padangsidempuan, Tapanuli Utara, Madina, Deliserdang.

Sedangkan untuk wilayah waspada, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, yaitu Asahan, Kota Tanjung Balai, Labuhanbatu Utara, Padang, Nias Utara, Kota Gunung Sitoli, Nias Selatan, Simalungun, Kota Medan, Humbahas, Batubara, Labuhanbatu, Langkat, Paluta, Nias, Nias Barat, Kota Tebingtinggi, Kota Binjai.

Sementara prediksi gelombang tinggi mencapai 1.25 -2.5 meter berpeluang terjadi di wilayah Selat Malaka. Kemudian tinggi gelombang 2.5-4.0 Meter berpeluang terjadi Perairan Barat P. Simeulue hingga Kepulauan Nias.

Kepala BMKG I Medan Hartanto mengatakan, selama tiga hari kedepan wilayah Sumut berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dengan durasi lama dan cakupan wilayah yang luas.

"Cakupan wilayah yang luas sehingga dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir bandang, longsor, angin kencang dan gelombang tinggi," ujar Hartanto dalam keterangan resmi, Sabtu (18/12/2021).

Menyikapi kondisi tersebut, Hartanto meminta agar seluruh pihak dapat meningkatkan kesiapsiagaan terjadinya bencana di wilayah Sumatera Utara pada tanggal 18-21 Desember 2021.

"Ikuti terus informasi dari Balai Besar MKG Wilayah I Medan," katanya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update