Notification

×

Iklan

Iklan

Menteri Singapura: Dunia Harus Siap Hadapi Pandemi Selanjutnya

Selasa, 13 Juli 2021 | 14:07 WIB Last Updated 2021-07-13T09:01:08Z
Foto ilustrasi
JAKARTA (Kliik.id) - Pandemi global berikutnya dapat terjadi kapan saja sehingga mau tak mau, persiapan harus mulai dilakukan dari sekarang, bahkan meski pandemi Corona belum dapat sepenuhnya dikendalikan. Demikian dikatakan oleh menteri senior Singapura, Tharman Shanmugaratnam.

"Kita tak punya kemewahan untuk menunggu sampai Covid berakhir sebelum kita mulai persiapan untuk pandemi selanjutnya, karena pandemi berikutnya bisa datang kapan saja," sebut Tharman dalam pertemuan G-20, seperti dikutip detikINET dari CNBC, Selasa (12/7/2021).

"Jadi kita bisa menggunakan usaha kita sekarang ini untuk melawan Covid, untuk juga membangun kapasitas yang dibutuhkan dalam menghadapi pandemi berikutnya," tambah dia.

Pandemi Corona sendiri dimulai sekitar Maret tahun silam dan menyebar ke seluruh dunia, berawal dari Wuhan di sekitar akhir tahun 2019.

Menurut data John Hopkins University, COVID-19 sejauh ini sudah menginfeksi lebih dari 186 juta dan menyebabkan setidaknya 4 juta kematian.

Salah satu bahasan di pertemuan G-20 juga untuk mempersiapkan respons cepat andaikan pandemi muncul kembali di masa depan. Salah satunya adalah dengan menyediakan dana memadai untuk WHO dan institusi lain seperti IMF dan Bank Dunia untuk mengongkosi upaya bersama dalam melawan pandemi.

Menurut Tharman, pada saat ini, sistem internasional untuk menanggapi pandemi global malah terpecah-pecah dan kurang dana sehingga perlawanan terhadap pandemi Corona dianggap tidak maksimal.

Pandemi penyakit memang bukan sesuatu yang baru, sudah sering terjadi di masa silam, sebelum pandemi Corona muncul pada saat ini. Sebut saja wabah influenza yang meledak di tahun 1918 atau wabah SARS dalam skala yang lebih kecil beberapa tahun silam. (Detik)
×
Berita Terbaru Update