Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan RSI

Jepang Rilis Paspor Vaksin Mulai 26 Juli, Biaya Gratis

Rabu, 14 Juli 2021 | 09:19 WIB Last Updated 2021-07-14T03:58:13Z
Foto ilustrasi
JAKARTA (Kliik.id) - Jepang resmi mengeluarkan paspor vaksin mulai 26 Juli 2021. Pembuatan paspor ini tak dipungut biaya alias gratis.

Kabar baik untuk warga Jepang yang sudah divaksin dan ingin melakukan perjalanan internasional, mulai bulan ini sudah dapat menggunakan paspor vaksin.

Pengumumn itu diungkapkan Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato dalam konferensi pers di Tokyo, Senin (12/7/2021).

Dilansir dari Kyodo News, Kato mengatakan bahwa warga dapat mengajukan permohonan sertifikat di kota tempat mereka terdaftar sebagai penduduk ketika mendapatkan vaksin.

Selain itu, Kato juga mengumumkan situs Kementerian Luar Negeri akan merilis daftar negara dan wilayah yang bakal memudahkan warga Jepang pemegang paspor vaksin melakukan karantina.

Kato menambahkan biaya pembuatan paspor ini gratis untuk saat ini. Pembuatnya hanya akan dikenakan biaya pengiriman.

Paspor vaksin itu, kata dia, akan diterbitkan secepat mungkin di hari yang sama melalui aplikasi, atau dapat memakan waktu hingga beberapa hari.

Sementara itu, saat ini Jepang juga sedang menunggu penerimaan paspor vaksin ini dari 10 negara, termasuk Italia, Prancis, dan Yunani.

Sebagaimana diketahui, Jepang masih berusaha untuk menangani penyebaran COVID-19. Jumlah total kasus di sana telah mencapai 818.690 dengan 14.948 di antaranya meninggal dunia.

Salah satu upaya yang dilakukan guna meredam COVID-19 adalah dengan melakukan vaksinasi. Negeri Sakura sudah berhasil memberikan 57,4 juta dosis vaksin bagi warganya.

Di sela usaha itu, Jepang juga masih harus mengerahkan usaha untuk menekan penyebaran saat Olimpiade Tokyo berlangsung.

Negara itu menjadi tuan rumah bagi kompetisi olahraga terbesar di dunia yang harusnya diselenggarakan tahun lalu.

Mereka mengeluarkan kebijakan dengan melarang penonton menyaksikan langsung pertandingan Olimpiade Tokyo. (Detik)
×
Berita Terbaru Update