Notification

×

Iklan

Iklan

Dairi Diguncang Gempa Bumi, Warga Dihimbau Tetap Tenang

Senin, 19 Juli 2021 | 23:20 WIB Last Updated 2021-07-20T04:24:40Z
Ilustrasi gempa bumi
MEDAN (Kliik.id) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan menginformasikan gempa tektonik berkekuatan M=3,5 terjadi di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Senin (19/7/2021) malam pukul 20.56 WIB.

"Wilayah Kabupaten Dairi dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa ini berkekuatan M=3,5," ujar Kepala BMKG Wilayah I Medan Hartanto dalam keterangan tertulis, Senin (19/7/2021) malam.

Hartanto menyampaikan bahwa episenter terletak pada koordinat 2.77 LU dan 98.35 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4 kilometer Timur Laut Kabupaten Dairi pada kedalaman 3 kilometer.

Akibat gempa ini, kata Hartanto, masyarakat yang berada di Kota Sidikalang, Dairi, merasakan getaran dan benda-benda yang bergantung bergoyang.

"Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kota Sidikalang dengan Skala Intensitas III MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," ungkapnya.

Namun hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

"Hingga pukul 21.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," katanya.

Hartanto menghimbau kepada masyarakat sekitar agar tetap tenang dan tidak panik.

"Jangan terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

Perlu diketahui, informasi resmi gempa bumi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi seperti Instagram/Twitter @infoBMKG, website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id, atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (Rls)
×
Berita Terbaru Update