Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan Lekkers

Geger KTA Shooting Club Milik Zakiah Aini Diklarifikasi Perbakin

Kamis, 01 April 2021 | 07:43 WIB Last Updated 2021-04-01T02:49:37Z
Kartu anggota shooting club Zakiah Aini, pelaku penyerangan di Mabes Polri
JAKARTA (Kliik.id) - Beredar sebuah foto yang menampilkan kartu anggota shooting club penyerang Mabes Polri, Zakiah Aini (25) di media sosial. Persatuan Berburu dan menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) memberikan klarifikasi.

Pada foto tersebut, tampak tertulis Perbakin pada bagian atas kartu. Kemudian terlihat foto serta identitas Zakiah Aini.

Sekjen Perbakin Firtian Yudit Swandarta angkat bicara mengenai kartu tersebut. Ia memastikan Zakiah Aini bukan anggota Perbakin.

"Nggak ada nama itu, dia bukan anggota Perbakin," ujar Sekjen Perbakin Firtian Yudit Swandarta saat dihubungi, Rabu (31/3/2021).

Pria yang akrab disapa Yudi ini mengatakan bahwa Zakiah Aini hanya memiliki kartu anggota Basis Shooting Club. Tetapi bukan berarti Zakiah Aini adalah anggota Perbakin.

"Dia hanya punya kartu aja, itu kartu klub, dia Basis Shooting Club kan. Kalau KTA Perbakin itu tulisannya nggak ada 'shooting club', langsung 'PB Perbakin'," jelasnya.

"Di baliknya itu harus ada tanda tangan saya, ini nggak ada, di situ 'Adit' siapa itu yang tanda tangan," sambungnya.

Sementara itu, Dewan Pembina Perbakin Bambang Soesatyo juga menegaskan bahwa Zakiah Aini bukan anggota Perbakin. Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, mengatakan Zakiah Aini adalah anggota klub menembak airsoft gun.

"Setelah saya cek di database Perbakin yang bersangkutan tidak terdaftar. Dia bukan anggota Perbakin. KTA-nya keanggotaan Club nembak airsoft gun," ujar Bamsoet.

Bamsoet menambahkan, untuk menjadi anggota Perbakin, seseorang harus ikut penataran dan tes keahlian. Bamsoet kemudian memberi contoh kode spesifikasi jenis keanggotaan dalam Perbakin, yakni TS (Tembak Sasaran), TR (Tembak Reaksi), dan B (Berburu).

Lebih lanjut, Bamsoet juga menjelaskan soal perbedaan KTA Club dan KTA Perbakin. Pemilik KTA Club, sambung Bamsoet, belum tentu anggota Perbakin.

"Perlu anda ketahui KTA Club dan KTA Perbakin itu berbeda. Pemilik KTA Club menyatakan ia adalah anggota klub yang bernaung di bawah Perbakin. Artinya, ia adalah anggota klub namun belum tentu anggota Perbakin. Dan Basis Shooting Club sudah tidak tercatat lagi di Pengprov Perbakin DKI (sudah lama dibekukan karena tidak aktif)," tutur Bamsoet.

Sebelumnya, Zakiah Aini melakukan penyerangan di Mabes Polri. Polisi pun menembak mati Zakiah Aini. Zakiah Aini disebut sebagai lone wolf dengan ideologi ISIS. Ia sempat kuliah hingga semester V sebelum drop-out. (Detik)
×
Berita Terbaru Update