Notification

×

Iklan

Bobby Lim Bacaleg PDIP

RSUD Parapat Bhakti Pelayanan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Kepada Masyarakat

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 11:05 WIB Last Updated 2023-08-12T18:09:03Z





Simalungun, [Kliik.Id] - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parapat memberikan memberikan pemeriksaan jantung gratis serta sosialisasi Pelayanan penyakit jantung kepada masyarakat sekitar di halaman Rumah Sakit Umum Daerah Parapat, pada hari Selasa (8/8/23).

Dalam Sosialisasi Dokter Specialis Penyakit Jantung dr Ronaldo Simamora SP.JP FIHA menyampaikan bahwa di RSUD Parapat telah melayani pemeriksaan jantung secara umum dan juga melalui BPJS.

"Mulai bulan Juli RSUD Parapat telah memiliki layanan Elektrocardiogram (ECG), Echocardiography (USG Jantung), Treadmil Test (Uji latih beban Jantung) untuk menilai apakah pasien memilik penyakit Jantung koroner atau tidak." Ungkap dr Ronaldo.

Dilanjutkan Ronaldo Gejala Penyakit Jantung Koroner (PJK) bisa dikenal sejak awal oleh masyarakat sehingga bisa melakukan antisipasi atau konsultasi ke Dokter.

"Nyeri/rasa tidak nyaman di dada, di substernal, dada kiri atau epigastrium, menjalar ke leher, bahu kiri, dan tangan kiri, serta punggung, juga dada Seperti tertekan, diremas - remas, terbakar atau ditusuk, Bahkan dapat disertai keringat dingin, mual, muntah, lemas, pusing melayang, serta pingsan bahkan bisa timbul tiba-tiba dengan intensitas tinggi, berat ringan bervariasi," urai dr Ronald.

Sedangkan penanggulangan Penyakit Jantung Koroner disarankan Dokter Ronaldo harus membawa pasien ke tempat yang lebih aman dan meminta pertolongan tenaga medis seperti pertolongan bantuan hidup dasar atau resusi jantung paru oleh tenaga medis ke IGD untuk mendapatkan bantuan dan perawatan di rumah sakit.

Direktur RSUD Parapat dr Jimmy Gultom turut menjelaskan bahwa saat ini pelayanan spesial penyakit jantung di RSUD Parapat memilik 2 tenaga medis, dr Ronaldo Simamora SP.JP FIHA dan dr Maruli Sianipar SP.JP FIHA.

Selain pelayanan penyakit jantung menurut dr Jimmy Gultom RSUD Parapat juga telah menjadi RS pengampuh layanan jantung, kanker, stroke, uronefrologi, Kesehatan Ibu Anak, ketergantungan narkoba, layanan jiwa, serta menjadi pusat rujukan dari RS dari kawasan Danau Toba.

Selain itu Jimmy juga membeberkan bahwa RSUD Parapat telah memiliki tenaga medis dokter specialis forensik sebagai rumah sakit rujukan dari Basarnas.

Dia juga berpesan agar masyarakat Parapat dan sekitarnya agar SDM RSUD Parapat di pergunakan dengan maksimal.

"Kepada masyarakat, Jangan disiasiakan Fasilitas dan SDM yang ada di RSUD Parapat, manfaatkan sebaikbaiknya, jangan segan mengkritik dan memberi saran bila ada kekurangan kami demi perubahan daj kemajuan kedepannya," harap Jimmy.

Menurutnya pelayanan yang diberikam RSUD Parapat merupakan aplikasi dalam mendukung misi Bupati Simalungun agar rakyat harus sehat dan sejahtera.

Salah seorang pasien T. Sinaga mengapresiasi kehadiran layanan penyakit jantung di RSUD Parapat.

"Kita patut bangga semakin hari RSUD Parapat menunjukkan perubahan signifikan dengan hadirnya tenaga medis specialis sehingga kita masyarakat dan pengunjung dimudahkan dalam pengobatan tanpa harus ke Pematangsiantar." Ucap Sinaga. (AS) 
×
Berita Terbaru Update