Notification

×

Iklan

Bobby Lim Bacaleg PDIP

Festival Seni dan Qasidah ke-16 Tahun 2023 Kota Tebingtinggi Ditutup, Ini Nama-nama Pemenang Lomba

Minggu, 06 Agustus 2023 | 10:20 WIB Last Updated 2023-08-06T03:22:20Z
Para pemenang lomba pada Festival Seni dan Qasidah ke-XVI Kota Tebingtinggi.
TEBINGTINGGI (Kliik.id) - 
Festival Seni dan Qasidah (FSQ) ke XVI (16) tingkat Kota Tebingtinggi ditutup, Sabtu (5/8/2023) malam di halaman gedung balai kota.

Masyarakat antusias menghadiri acara penutupan tersebut, baik untuk melihat keluarga yang tampil sebagai peserta ataupun sekedar untuk menyaksikan kemeriahan kegiatan tersebut.

Festival ini telah dimulai sejak Kamis, 3 Agustus 2023 lalu dan mencapai penutupan kegiatan pada Sabtu (5/8/2023) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Tebingtinggi Syarmadani, mengatakan bahwa seni budaya memiliki makna yang strategis dalam perkembangan agama Islam di nusantara.

Seni merupakan salah satu media dakwah yang dipergunakan untuk menyebarkan agama Islam di Indonesia melalui media kesenian.

"Kehidupan masyarakat termasuk kehidupan seni dan budaya. Dalam kondisi demikian, masyarakat muslim tidak boleh tercabut dari akar historisnya baik dari aspek agama, sosial, politik, ekonomi maupun kultural," ujar Syarmadani.

Untuk itu, kata Syarmadani, seni budaya Islam jangan hanya sebagai sarana hiburan semata namun juga dipandang tepat sebagai sarana akhlak dan nilai-nilai kemanusiaan.

"Harapan kami, kita mampu membangun dakwah yang lebih indah, yang lebih baik, jauh dari kegersangan menjadi nilai-nilai Islam yang kita bangun dari nilai seni dakwah harapannya makin menambah semangat orang dalam menjalankan nilai-nilai agama dalam membaca Alquran," harapnya.

Di akhir, Syarmadani berharap seni Islam dapat menjadi yang utama dengan tetap menjaga sopan santun, menjaga hukum-hukum agama, norma-norma, menjaga waktu-waktu yang tepat.

"Sehingga apapun itu akhirnya membawa kita kepada ketaatan. Marilah kita tutup acara ini dengan lafaz hamdalah Alhamdulillāhi Rabbil'alamīn. Wassalamualaikum Wr Wb," tutupnya.

Ketua MUI Kota Tebingtinggi Akhyar Nasution mengapresiasi atas kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini memberikan nilai-nilai sangat positif, menggairahkan, memberikan semangat kepada generasi muda dalam rangka untuk kembali menggali seni-seni Islam.

Dengan itu mereka menghayatinya dan akan meningkatkan perilaku mereka kepada keindahan-keindahan.

"Dan terjadi sinergi kesatuan silaturahmi antara Pemko, panitia dan masyarakat khususnya di Kota Tebingtinggi. Yang mana pemerintah turut memperhatikan kemajuan dari kegiatan kasidah untuk pengembangan di Kota Tebingtinggi," ujarnya.

Untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, dalam acara tersebut juga terdapat booth perwakilan dari pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Kota Tebingtinggi.

Adapun daftar pemenang lomba untuk cabang Bintang Vokalis Anak-anak Putera dan Puteri yakni, juara 1 golongan anak-anak putera diraih M. Zulghani Siddiq, juara 1 golongan anak-anak putri diraih Mutia, juara 1 golongan remaja putra diraih Agi Dwi Putra Tarigan, juara 1 golongan remaja putri diraih Hajratun Nisa.

Kemudian, juara 1 golongan remaja putra diraih Dedek Sofwan, juara 1 golongan dewasa putri diraih Sakinatun Najmi Sibarani.

Sementara, cabang Rebana Klasik remaja dan dewasa, juara 1 golongan remaja putra diraih Al-Kindi, juara 1 golongan remaja putri diraih As Syifa, juara 1 golongan dewasa putra diraih Al-Muttaqin dan Juara 1 golongan dewasa putri diraih At-Takwir.

Dan, untuk cabang Pop Religi anak-anak, remaja dan dewasa, juara 1 golongan anak-anak putra diraih Fikri Andrian Amir Lubis, juara 1 golongan anak-anak putri diraih Al Faina Aurelia Pane, juara 1 golongan remaja putra diraih M. Zaylani, juara 1 golongan remaja putri diraih Tiara Amelia, juara 1 golongan dewasa putra diraih Zainil Arif Syam, juara 1 golongan dewasa putri diraih Astri Andini S.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua DPRD Kota Tebingtinggi Basyaruddin Nasution, Kabag SDM Polres Tebingtinggi Kompol Zulham mewakili Kapolres, Danramil 15/Sipispis Kapten Inf PM Simanjuntak mewakili Dandim 0204/ DS, Sekretaris PN Tegen Maharaja, Kabag Kesra Aidil, Kabag Perekonomian dan SDA Nasrullah, Kabag Pemerintahan Ramadhan Barqah Pulungan, Ketua TP PKK Kota Tebingtinggi Dewi Mustika, masyarakat dan tim peliputan Diskominfo. (Red)
×
Berita Terbaru Update