Notification

×

Iklan

Pj Wali Kota Tebingtinggi Ajak Masyarakat Budayakan Gerakan Hidup Sehat

Jumat, 02 September 2022 | 12:43 WIB Last Updated 2022-09-02T10:42:14Z
Pj Wali Kota Tebingtinggi, M Dimiyathi.
TEBINGTINGGI (Kliik.id) - 
Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi mengajak seluruh masyarakat untuk membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di semua tatanan. Upaya ini sejalan dengan sasaran pokok pembangunan kesehatan pada RPJMN 2020-2024.

Himbauan ini disampaikan Dimiyathi pada kegiatan Promosi/Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tahun 2022, Kamis (1/9/2022), di Kantor Camat Rambutan, Jalan Gunung Leuser, Kota Tebingtinggi.

Dengan mengusung tema 'Hidup Sehat, Bugar, Produktif', Dimiyathi menegaskan, mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius di Indonesia.

"Saat ini, Indonesia tengah mengalami pola perubahan, pola penyakit yang sering disebut Transisi Epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, kanker, diabetes dan lain-lain.

"Tingginya angka kesakitan akibat penyakit tidak menular juga disebabkan oleh perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik, kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol, kencenderungan masyarakat mengkonsumsi makanan olahan siap saji, tinggi gula, garam dan lemak, serta rendahnya konsumsi buah dan sayuran yang berakibat pada gangguan kesehatan dan obesitas," ujarnya.

Menurut Dimiyathi, tindakan promotif dan preventif merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah meningkatnya angka kematian dan kesakitan akibat penyakit menular dan tidak menular.

Pencegahan penyakit menular dan tidak menular sangat tergantung pada prilaku individunya yang didukung oleh kualitas lingkungan.

"Selain pencegahan dan penanggulangan stunting, program GERMAS adalah program yang sering digaungkan dan dikampanyekan Pemerintah saat ini," katanya.

Dimiyathi juga menjelaskan, GERMAS adalah program Pemerintah yang dituangkan melalui instruksi Presiden No 1 Tahun 2017. Pemerintah Kota Tebingtinggi juga turut serta dalam mensukseskan pelaksanaan GERMAS, yaitu dengan terbitnya Peraturan Wali Kota Tebingtinggi Nomor 58 Tahun 2021 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan pesan sehatnya yaitu "Berseri".

"Pelaksanaan kegiatan kampanye ini kita harapkan dapat kembali motivasi dan menguatkan komitmen kita bersama dalam pembudayaan GERMAS yang berkelanjutan. Saya mengajak saudara-saudara sekalian untuk membangkitkan semangat GERMAS," tutupnya.

Kegiatan Promosi/Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tahun 2022 ini ditandai dengan Penandatanganan komitmen implementasi GERMAS, serta pemberian beras profit secara simbolis kepada masyarakat. (Rls)
×
Berita Terbaru Update