Notification

×

Iklan

Paluta Kebakaran, 17 Rumah dan 12 Kios Hangus, Kerugian Capai Miliaran

Kamis, 01 September 2022 | 21:18 WIB Last Updated 2022-09-02T05:28:15Z
Puing-puing akibat kebakaran hebat di Pasar Langkimat, Simangambat, Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.
PALUTA (Kliik.id) - 
Belasan rumah dan kios di kawasan Pekan Sabtu, Desa Langkimat, Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara, hangus terbakar, Kamis (1/9/2022).

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian material diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Kebakaran diperkirakan terjadi pada pukul 10.15 WIB. Akibat cuaca panas dan kobaran api yang sangat cepat menyulitkan warga yang berusaha keras memadamkan kobaran api. Tanpa makan waktu lama api melahap 17 rumah dan 12 kios terbuat dari kayu.

Personel Polsek Padang Bolak dan Polsubsektor Simangambat langsung terjun ke lokasi setelah mendapat informasi dari warga.

Satu unit mobil tangki Manggala Agni, dua unit mobil tangki perusahaan PT ANJ, dan satu unit mobil tangki perusahaan SSN, diterjunkan ke lokasi guna membantu proses pemadaman api.

Tak makan waktu lama, akhirnya api dapat dikendalikan dan dipadamkan setelah mobil pemadam tiba di lokasi. Namun belasan bangunan rumah dan kios telah jadi arang sebelumnya.

Setelah api padam warga pemilik rumah yang terbakar, berupaya menyelamatkan barang-barang yang masih bisa diambil dari sekitar puing-puing kebakaran.

Personel TNI/Polri, Manggala Agni, dan Perkebunan ANJ serta SSN juga membantu warga sekitar.

Berikut nama pemilik rumah yang terbakar, Dumanggor Hasibuan (70), Rohana Harahap, (37) Morris Hasibuan (29), Siti Aja Harahap (67), Kamal Dalimunthe (57), Pahrum Siregar (38), Yusni Dalimunthe (54).

Lalu, Mara Naek (56), Hendri Siregar (19), Adi (37), Ucok (40), Oppung Lomlom (70), Rahang Harahap (38), Komar Lubis (27), Pitra Hasonangan Harahap (28), Sahril Napitupulu (35) dan Fahrum Siregar (42).

Selain itu sebanyak 12 pintu kios di Pekan Sabtu atau Pasar Langkimat, turut hangus terbakar.

"Akibat peristiwa tersebut, kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 2 miliar. Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," ujar Kapolsek Padang Bolak, AKP Zulfikar. (Rls)
×
Berita Terbaru Update