Notification

×

Iklan

Gubernur Sumut Roadshow ke 4 Menteri dan Wapres, Apa Hasilnya?

Jumat, 05 Agustus 2022 | 16:35 WIB Last Updated 2022-08-05T17:53:27Z
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, bersama Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu, dan Plt Kadis Kominfo, Kaiman Turnip, menjelaskan hasil kunjungan kerjanya di Jakarta selama 4 hari kepada wartawan, Jumat (5/8/2022).
MEDAN (Kliik.id) - 
Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, melakukan roadshow dalam rangka kunjungan kerja ke sejumlah menteri di Jakarta pada 1-4 Agustus 2022 kemarin.

Kepada wartawan, Edy menjelaskan singkat hasil dari kunjungan selama 4 hari tersebut. Pada Senin (1/8/2022), Edy Rahmayadi mengunjungi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, di kantornya di Jakarta.

"Menteri Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya membantu dan meng-acc semua yang kita ajukan. Salah satunya adalah tembus jalan sampai ke Berastagi dari Medan 12 km melalui Tahura BB," ujar Edy kepada wartawan, Jumat (5/8/2022).

Dalam konteks itu, kata Edy, Menteri LHK menyetujui penggunaan kawasan hutan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan untuk pembangunan jalan alternatif Medan-Berastagi.

"Itu yang diizinkan, berarti langsung dibangun jalan tersebut. Jadi ke depan nanti sudah ada fasilitas untuk itu," ujar Edy.

Kemudian pada Selasa (2/8/2022), Edy melanjutkan roadshow ke Kementerian Kesehatan. Ia mengatakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendukung usulan pembangunan kesehatan di Sumut.

"Kita usulkan soal dukungan Kemenkes untuk peningkatan layanan kepada masyarakat, terutama percepatan penurunan stunting di Sumut," sebut Edy.

Lalu, Edy juga menemui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimoeldjono di Kantor Kementerian PUPR, Rabu (3/8/2022).

"Dia (Menteri Basuki) juga mengaminkan tentang pembangunan Belawan. Dan Belawan itu semua diselesaikan. Lantas Stadion Utama, Sport Center, beliau juga sudah mengaminkan dan sudah semua berjalan," kata Edy.

Lalu setelah dari sana, Edy menemui Menteri Pertanian Syaahril Yasin Limpo. Ia menyampaikan uulan untuk pengembangan pertanian di daerah-daerah yang ada di Sumut.

"Terakhir saya bertemu Menteri Pertanian. Dia juga memberikan bantaun yang maksimal besar kepada Pakpak Bharat, lantas Dairi, Tanah Karo, dan nanti menyusul Mandailing Natal, Tapanuli bagain Selatan menjadi food estate, ini yang diusahakan oleh beliau termasuk peternakan," jelas Edy.

Kemudian pada Kamis (4/8/2022), Edy mengikuti rapat percepatan penurunan stunting bersama Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Pada rapat itu, Edy memaparkan strategi Sumut dalam percepatan penurunan stunting. Ia mengatakan penurunan stunting bahkan sudah masuk dalam Kebijakan Strategis Daerah Sumut.

"Bersama Wapres bicara tentang stunting. Ini memeng cukup parah ini, parahnya khusunya berada di Tapanuli bagian Selatan, 100 orang lahir, 47 orang stunting," katanya.

Sepulang dari rapat bersama Wapres Ma'ruf Amin, Edy mengatakan langsung menindaklanjutinya dengan menggelar rapat bersama DPR RI, DPRD Sumut dan OPD terkait.

"Ini yang harus sama-sama kita tuntaskan, makanya hari ini kami rapat bersama DPR RI, DPRD dan OPD, kami akan bicara dan menuntaskan ini," pungkasnya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update