Notification

×

Iklan

Effendi Simbolon: Mega dan Jokowi Bisa Saja Padu Endorse Prabowo-Puan

Kamis, 04 Agustus 2022 | 18:23 WIB Last Updated 2022-08-05T02:28:19Z
Effendi Simbolon. (detikcom)
JAKARTA (Kliik.id) - 
Anggota DPR RI Fraksi PDIP Effendi Simbolon menanggapi mencuatnya sinyal Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung atau endorse Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Effendi Simbolon menilai Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri nantinya akan satu suara bersama Jokowi mendukung Prabowo Subianto dan Puan Maharani.

"Pada dasarnya itu bisa saja seperti itu (Jokowi endorse Prabowo), tetapi kalau lihat dari kewenangan dalam mencalonkan calon presiden dan cawapres kan partai politik, dan parpol yang jadi ketum PDIP kan Ibu Megawati, beliau punya prerogatif untuk nyatakan itu," kata Effendi saat dihubungi, Kamis (4/8/2022).

Effendi meyakini Jokowi tidak akan mendukung salah satu figur sendirian tanpa Megawati. Dia berpendapat Megawati dan Jokowi nantinya akan padu mendukung salah figur paslon yakni Prabowo Subianto dan Puan Maharani.

"Saya kira mereka akan padu untuk sampaikan calon dari partai dan yang didukung oleh Pak Jokowi bahwa yang akan nanti akan mereka dukung salah satu figur untuk mendampingi atau didampingi oleh Mbak Puan itu Pak Prabowo ya bisa aja. Bisa aja. Dari sisi kematangan, kepiawaian, kemampuan," ucapnya.

Effendi mengatakan Indonesia membutuhkan pemimpin yang berkualitas dunia. Dia berpendapat saat ini tidak cukup hanya sekedar mencari figur yang populer tapi kualitasnya berkelas lokal.

"Kita perlu pemimpin yang tidak dielu-elukan tapi benar-benar dia memang kualitas gitu, kualitas ya sampai kapan kita cari hanya figur-figur populer tapi kualitasnya masih kelas kelas lokal lah ya, makanya istilah saya kelas dunia, bukan apa-apa, agar kita maju, kita bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia, kalau nggak kita hanya follower aja," ujar dia.

Lebih lanjut, Effendi juga menilai Puan sosok yang tepat sebagai figur yang diusung di 2024. Menurutnya, Puan sosok yang paling konsisten mampu terus menjaga ideologi pemersatu kita, ideologi Pancasila,

"Saya lihat sampai saat ini Mbak Puan oke ya, walaupun masih perlu waktu memantapkan dengan pasangan, dengan siapa apakah mendampingi siapa, saya nggak tahu, tapi kita membangun menjalankan pemerintahan, menyelenggarakan negara ini harus bersama-sama kan dengan komponen parpol dan ormas yang lainnya untuk dapatkan dukungan mayoritas, jalankan kebijakan kebijakan negara gitu," ujarnya.

Gerindra Harap Prabowo Jadi Pengganti Jokowi

Ketua Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi menilai Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto capres yang paling pasti dengan dasar alasan komitmen hingga kinerja selama menjadi salah satu menteri Jokowi. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengapresiasi pernyataan Projo.

"Jadi gini kami juga apresiasi statement-statement positif tentang Pak Prabowo, tapi memang apa yang disampaikan itu memang begitulah adanya," kata Dasco saat dihubungi, Rabu (3/8/2022).

Dasco mengatakan Prabowo memang berkomitmen untuk mewujudkan janji kampanye dalam konteks bidang pertahanan dan kelautan. Namun Prabowo disebut belum memulai kampanye terkait kontestasi Pilpres 2024.

"Oleh karena itu komitmen itu ditunjukkan dalam kinerja, ya. Pak Prabowo juga belum memulai kampanye walaupun karena komit jalankan tugas sebagai pembantu Presiden," ucapnya.

Soal adanya sinyal Jokowi dukung Prabowo, Dasco menyebut Gerindra juga berharap demikian. Dia berharap Prabowo bisa menjadi suksesor atau pegganti Jokowi.

"Ya kalau soal Pak Jokowi mendukung Pak Prabowo sebagai suksesornya itu kita belum tahu, tapi kita berharap ya mudah-mudahan bisa demikian," ujarnya. (Detik)
×
Berita Terbaru Update