Notification

×

Iklan

Sandiaga Ajak Investor Tanam Duit di 5 DSP dan 8 KEK Pariwisata

Minggu, 31 Juli 2022 | 15:10 WIB Last Updated 2022-07-31T10:14:04Z
Menparekraf Sandiaga Uno mengajak para investor untuk berinvestasi di lima destinasi super perioritas (DSP) dan delapan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata. (detikcom)
JAKARTA (Kliik.id) - 
Menparekraf Sandiaga Uno mengajak para investor untuk berinvestasi di lima destinasi super perioritas (DSP) dan delapan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata.

Seruan itu disampaikan Sandiaga saat menghadiri Forum Investasi dan Pembiayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang digelar oleh Himpunan Anak Media (HAM) berkolaborasi dengan ARTOTEL Group dan Kemenparekraf.

"Sebelum saya bertugas ke pemerintahan, dulu mengelola investasi, dan saya melihat peluangnya sangat besar. Apalagi investasi yang begitu banyak menciptakan lapangan pekerjaan," ujar Sandiaga Uno di ARTOTEL Suites Mangkuluhur, Kamis (28/7/2022).

Menurut Sandiaga, pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor yang sangat menguntungkan untuk investasi. Setiap 1 dollar of investment yang ditanamkan investor, bisa menciptakan enam kali lipat lapangan pekerjaan.

"Yang dibutuhkan sekarang adalah eksekusi bagaimana 8 KEK Pariwisata, 5 DSP dan 12 sustainable tourism yang mencari sustainable projects alternative, skema pembiayaannya pun sudah ada, sehingga memberikan dampak yang luas," imbuhnya.

Hingga saat ini tercatat kebutuhan investasi dan pembiayaan di 8 KEK Pariwisata seperti Morotai, Singosari, Tanjung Lesung, Likupang, Lido, Nongsa, Tanjung Kelayang, Mandalika mencapai Rp 226,79 triliun.

Sedangkan kebutuhan investasi dan pembiayaan di 3 Badan Otorita Pariwisata yaitu Borobudur, Labuan Bajo dan Danau Toba sebesar Rp 6,7 triliun.

Peluang tersebut terlihat lantaran pada bulan Mei 2022, World Economic Forum telah merilis Travel & Tourism Development Index (TTDI) 2022, dan Indonesia berada pada peringkat 32 dari 117 negara atau naik 12 posisi dibandingkan tahun 2019.

"Para investor melihat ada peluang yang signifikan yang dilihat dari TTDI Indonesia yang naik 12 peringkat di atas Thailand dan Malaysia. Sehingga ini membuka untuk berinvestasi," katanya.

Menparekraf Sandiaga Uno juga menjelaskan dengan terbukanya peluang investasi diharapkan terdapat penciptaan dan kebangkitan ekonomi karena terdapat 1.1 juta lapangan pekerjaan baru tahun 2021.

"Sesuai arahan Presiden, bahwa proyek-proyek infrastruktur harus selesai dari 2023-2024, tidak boleh ada yangmangkrak. Untuk itu investor harus bergegas menyelesaikan pembangunannya, sehingga 2024 target 4,4 juta lapangan kerja baru dapat terealisasikan," kata mantan Wagub DKI ini.

Sandiaga menambahkan sistem KEK ini menarik karena bisa memberikan insentif dari keuangan, perpajakan, pembiayaan dan pengelolaan lahan. KEK ini adalah model yang juga sudah digunakan negara-negara lain.

"Yang paling mendesak adalah realisasi investasi akomodasi di lima DSP juga yang mendesak adalah kesiapan untuk menggelar event-event berskala internasional agar sektor parekraf siap menyambut event-event besar seperti KTT G20 atau ASEAN Summit," ucap Sandiaga.

"Diharapkan melalui Forum ini, kita dapat menyaksikan peluang-peluang investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta dapat disusun skema-skema pembiayaan yang bisa diterapkan pada project pariwisata lainnya sehingga dapat mendorong percepatan pembangunan di lima DSP dan 8 KEK Pariwisata," tutup Sandiaga Uno. (Detik)
×
Berita Terbaru Update