![]() |
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan ke Kantor BPN Medan. |
Dalam kunjungannya, mantan Panglima TNI itu menegaskan dirinya bakal memecat petugas BPN yang melakukan pungutan liar (Pungli) kepada masyarakat.
Menurut Hadi, pelayanan terbaik bagi masyarakat sesuai ketentuan, harus dikedepankan. Dengan begitu urusan pertanahan menjadi cepat dan tepat.
"Yang penting adalah tidak ada pungli. Saya wanti-wanti kalau ada (petugas) pungli lapor saya, saya berhentikan," ujar Hadi di Kantor BPN Medan, Jalan STM.
Hadi tidak ingin pengurusan pertanahan menjadi beban bagi masyarakat. Pelayanan seluruh kantor ATR/BPN di Indonesia harus mengedepankan pelayanan yang prima.
"Seluruh petugas harus mampu memberikan pelayanan dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat," katanya.
Tidak hanya itu, Hadi juga meminta agar petugas memiliki inovasi-inovasi dalam meningkatkan pelayanan di bidang pertanahan tersebut.
Meski begitu, menurut Hadi, pelayanan di Kantor BPN Medan sudah bagus. Namun ia ingin pelayanan yang bagus terus ditingkatkan.
"Pelayanan disini baik, banyak inovasi yang dibangun, termasuk konteks di lapangan bahwa masyarakat bisa mengurus sendiri, mengurus sertifikat, balik nama dan sebagainya. Pelayanan yang baik diberi, info juga sudah baik," imbuhnya.
Hadi menyingung soal kebijakan layanan buka di hari Sabtu dan Minggu. Hal ini, kata Hadi, menjadi bagian dari komitmen memberi pelayanan mereka.
"Sabtu-Minggu dibuka untuk mewadahi masyarakat yang kerja Senin hingga Jumat. Sabtu-Minggu tetap beri pelayanan prioritas khusus yang mengurus sendiri," pungkasnya. (Rls)