Notification

×

Iklan

Gubernur Sumut Sembelih 9 Ekor Hewan Kurban, Salah Satunya Berbobot 1,3 Ton

Minggu, 10 Juli 2022 | 13:21 WIB Last Updated 2022-07-10T16:55:06Z
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyembelih 9 ekor hewan kurban. Salah satunya berbobot 1,3 ton.
MEDAN (Kliik.id) - 
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyembelih 9 ekor hewan kurban sapi pada Hari Raya Idul Adha 1443H Tahun 2022.

Salah satu sapi kurban Edy Rahmayadi berbobot 1,3 ton, yang disembelih di Masjid Al-Jihad, Jalan Abdullah Lubis, Kota Medan, Minggu (10/7/2022).

Edy mengatakan, penyembelihan hewan kurban tahun ini selain untuk ibadah, juga diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi ekonomi Sumut.

Selain itu, Edy memastikan hewan kurban di Sumut bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hal ini karena setiap hewan kurban harus memenuhi syarat dan kualitas kesehatan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan.

"Jauh hari sebelum dipilih sebagai hewan kurban sudah dicek kesehatannya. Ada syarat yang harus dipenuhi, jadi sudah dipastikan hewan-hewan kurban yang ada sehat dan berkualitas," ujar Edy di lokasi kurban.

Kurban Pemprov Sumut

Tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga menyiapkan hewan kurban untuk disebar ke 33 Kabupaten/Kota.

Menurut keterangan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Rita Tavip Megawati, Pemprov Sumut menyerahkan 144 sapi dan 3 ekor kambing pada Idul Adha kali ini.

Rita mengatakan hewan kurban Pemprov Sumut dari dana pribadi Aparatur Sipil Negara, bukan melalui dana APBD.

"Ini atas nama ASN kita, dana pribadi, bukan dari APBD. Mudah-mudahan memberikan dampak positif bagi peternak dan masyarakat kita terbantu," ujarnya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update