Notification

×

Iklan

Gubernur Edy Rahmayadi Salurkan 10 Ribu Vaksin PMK ke Kabupaten/Kota di Sumut

Jumat, 08 Juli 2022 | 15:04 WIB Last Updated 2022-07-08T17:08:53Z
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyuntikkan vaksin PMK kepada hewan ternak.
MEDAN (Kliik.id) - 
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyalurkan 10 ribu vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) secara serentak ke kabupaten/kota di Sumut.

Hal tersebut diharapkan dapat mempercepat penanganan PMK yang menyerang ternak di daerah ini. Total vaksin yang sudah tiba di Sumut sebanyak 11.600 vaksin.

Sebanyak 1.600 vaksin tahap pertama sudah lebih dulu disalurkan ke daerah dan saat ini disalurkan 10.000 lagi secara serentak ke daerah kabupaten/kota.

"Hari ini serentak kita bagikan dan lakukan vaksin, dan saya akan mengajukan kembali vaksin," ujar Edy Rahmayadi saat meninjau vaksinasi PMK di Desa Klambir Lima Kebun, Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Jumat (8/7/2022).

Turut hadir Wakil Bupati Deli Serdang Yusuf Siregar dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Azhar Harahap.

Edy menegaskan, kebutuhan kurban Sumut mencukupi. Saat ini tersedia stok 70 ribu ekor hewan kurban. Sementara kebutuhan hewan kurban di daerah ini sekitar 35 ribu sampai 40 ribu ekor saja.

Disampaikan juga, hewan ternak yang tertular kebanyakan masih dalam kategori yang ringan dan sedang. Sedangkan yang terpapar kategori berat masih minim sekali.

Mengenai pemotongan kurban, Edy mengimbau agar pemotongan lebih baik dilakukan di tempat pemotongan hewan. Hal itu dilakukan agar PMK tidak tersebar luas.

Pada kesempatan itu, Edy juga ikut menyuntikan vaksin langsung, namun tetap dibantu dokter hewan dan meninjau kondisi sapi dan peternakan milik warga setempat. (Rls)
×
Berita Terbaru Update