Notification

×

Iklan

Edy Rahmayadi Buka Kontes Ikan Koi Sumut, Perlombakan 1.552 Ekor dari 10 Provinsi

Sabtu, 23 Juli 2022 | 14:06 WIB Last Updated 2022-07-23T13:42:43Z
Gubernur Sumut, Edy Rahamayadi melihat ikan Koi milik salah satu peserta pada Kontes Ikan Koi Sumut di GOR Mini Komplek Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar/Pancing, Deliserdang, Sabtu (23/7/2022).
MEDAN (Kliik.id) - 
Kontes Ikan Koi Sumatera Utara (Sumut KOI Show) 2022 digelar di GOR Mini Komplek Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar Pancing, Deliserdang, 23-24 Juli 2022.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut, Mulyadi Simatupang, hadir sekaligus membuka kontes tersebut, Sabtu (23/7/2022).

Ketua Panitia Kontes Ikan Koi Sumut 2022, Cuk Henriy, melaporkan, sebanyak 1.552 ekor ikan koi dari 10 provinsi terdaftar mengikuti kontes yang memperebutkan Piala Gubernur Sumut itu.

"Selain Sumatera Utara, juga hadir dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Jambi," ujar Henriy.

Menurutnya, ikan koi memiliki sangat banyak jenis, di antaranya tancho, sowa, kohaku, kawari.

"Nanti yang dinilai dewan juri seperti dari bodi, warna, kecantikan, hingga kesehatan ikan koi itu sendiri," jelas Hendriy.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi pelaksanaan kontes Ikan Koi Sumut itu, apalagi karena banyak kontestan hadir dari luar Sumut.

Ia meminta panitia melakukan yang terbaik, sehingga masyarakat semakin termotivasi membudidayakan ikan Koi. Menurut mantan Pangkostrad itu, ikan koi memberi banyak inspirasi.

Bahkan memelihara ikan Koi, menurut Edy, memberi kepuasan tersendiri bagi pemilik. Ia sendiri salah satu pecinta ikan koi. Untuk itu, Edy mengajak masyarakat untuk mempelajari, mengetahui dan mengedukasikan ikan Koi, sehingga masyarakat dapat menikmati keindahan dan inspirasi ikan koi.

"Dan ada 4 ekor ikan Koi saya ikut di dalam kontes kali ini. Saya sebenarnya tak mau ikut karena saya tidak siap. Banyak konsestan, itu disiapkan betul-betul. Ada proses-proses yang harus didesain untuk muncul keindahan-keindahan aslinya Koi," kata Edy.

Selain apresiasi untuk masyarakat pecinta ikan koi, lanjut Edy, kontes tersebut juga menggerakkan ekonomi, khususnya pelaku UMKM. (Rls)
×
Berita Terbaru Update