Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Zulkifli Hasan-Hadi Tjahjanto akan Dilantik Jadi Mendag-Menteri ATR

Rabu, 15 Juni 2022 | 08:49 WIB Last Updated 2022-06-15T02:33:31Z
Zulkifli Hasan. (detikcom)
JAKARTA (Kliik.id) - 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini akan melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi anggota kabinet. Pelantikan akan digelar di Istana siang ini.

Informasi yang diterima detikcom dari sumber Pemerintah, Rabu (15/6/2022), Zulkifli Hasan atau Zulhas akan dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), sedangkan Hadi Tjahjanto bakal menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Seorang elite PAN yang dekat dengan Zulhas juga membenarkan informasi ketumnya akan menjadi Mendag.

Tak hanya itu saja, Jokowi juga akan melantik 3 wakil menteri. Dua di antara 3 posisi wakil menteri tersebut bakal menjadi milik Gerindra dan PSI.

Pelantikan akan digelar di Istana Kepresidenan pukul 13.30 WIB siang ini. Sejumlah pejabat tinggi sudah menerima pemberitahuan perihal pelantikan ini.

Perihal isu reshuffle ini, Istana menyatakan keputusan tersebut sepenuhnya kewenangan Presiden Jokowi. Istana menyatakan kapan pun waktunya, perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

"Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada wartawan di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/6/2022) kemarin.

Pramono menjelaskan Jokowi-lah yang mengetahui secara jelas kondisi kabinet saat ini.

"Ya yang jelas Presiden, kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan ini dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini, sehingga itu yang menjadi... beliau sangat tahulah," ujarnya. (Detik)
×
Berita Terbaru Update