Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Fenomena Langka, Besok 5 Planet Akan Sejajar, 72 Menit sebelum Matahari Terbit

Kamis, 23 Juni 2022 | 22:21 WIB Last Updated 2022-06-23T18:51:54Z
Deretan planet di Tata Surya. (Tribun Medan)
MEDAN (Kliik.id) - 
Fenomena 5 planet sejajar terjadi pada 24 Juni 2022. Hal ini dapat disaksikannya mulai subuh fajar astronomis. Di mana 72 menit sebelum matahari terbit hingga 24 menit sebelum matahari terbit.

Kelima planet tersebut sejajar dengan Bulan. Akan menampakkan diri dalam satu garis. Planet tersebut yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan.

Fenomena ini disebut konjungsi sektet. Ini merupakan fenomena langka yang hanya terjadi setiap 18 tahun sekali. Dan tahun 2022 ini akan berlangsung mulai 24 hingga 27 Juni mendatang.

Fenomena planet sejajar tidak menimbulkan bayangan

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang menegaskan, kecerlangan planet tidak secerah matahari maupun bulan purnama yang dapat menimbulkan bayangan.

Sehingga, saat fenomena planet-planet tersebut berada sejajar atau segaris, kelimanya ini tidak menghasilkan bayangan sebagaimana bulan purnama maupun matahari.

Saaf fenomena langka 5 planet sejajar Bulan pada 24 Juni nanti, Andi menambahkan, keenam benda langit tersebut akan terlihat jelas memanjang dari timur rendah ke tenggara.

Kendari demikian, fenomena langka tersebut tentu hanya dapat disaksikan jika langit cerah, tidak ada polusi cahaya, dan tidak ada penghalang medan pandang.

"Kalau ketampakan planetnya, selama uaca cerah, langit bersih, tidak ada polusi cahaya dan tidak ada penghalang yang menghalangi medan pandang, planet-planet ini akan tampak jelas memanjang dari timur rendah ke tenggara bahkan dekat zenit,” ujar Andi saat dilansir dari Tribun Medan, Kamis (23/6/2022).

Pengamatan planet sejajar pada 24 Juni 2022 berada di arah timur, yang bisa disaksikan dalam rentang waktu 72 menit sebelum matahari terbit hingga 24 menit sebelum matahari terbit.

"(Fenomena 5 planet sejajar 24 Juni) dapat disaksikannya mulai subuh fajar astronomis, 72 menit sebelum matahari terbit hingga 24 menit sebelum matahari terbit," papar Andi.

Kendati begitu, perlu diperhatikan terkait waktu pengamatan fenomena enam benda langit sejajar, yang disesuaikan dengan waktu subuh masing-masing wilayah.

"Kan waktu subuh masing-masing wilayah itu berbeda-beda, sesuai dengan lintang geografis dan bujur geografis suatu kota. Jadi disesuaikan, kurang lebih ya sekitar jam 04.30 sampai 05.30," jelas Andi.

Fenomena planet sejajar 24 Juni

Sebelumnya telah berlangsung konfigurasi lima planet sejajar secara bersamaan pada 4-19 Juni 2022. Kelima planet tersebut antara lain Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Selanjutnya, fenomena lima planet sejajar tersebut akan kembali terjadi pada 28-30 Juni 2022. Namun sebenarnya, saat peristiwa ini terjadi tidak hanya lima planet saja yang terlibat di dalamnya, tapi ditambah dengan Uranus.

"Sehingga sebenarnya ini bukan lagi konjungsi kuintet melainan konjungsi sekter. Ada 6 planet yang berjajar, Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Kalau ditambah dengan Bulan pada 20-27 Juni, itu jadinya konjungsi septet," papar Andi.

Adapun konfigurasi rangkap tujuh terdiri dari Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, Bulan, dan Saturnus bisa disaksikan dengan arah dan waktu pengamatan yang sama.

Fenomena planet sejajar 24 Juni dapat disaksikan dengan mata telanjang, tidak memerlukan alat bantu. Sebagai catatan, untuk mengamati planet Uranus diperlukan teleskop minimal berukuran lensa 10 cm.

"Kecermelangan Uranus hanya mencapai +5,9, nah ini kalau kondisi langit yang cukup redup tanpa polusi cahaya sebenarnya dapat kelihatan. Di wilayah perkotaan, batas kecerlangan +4,7 butuh alat bantu teleskop, teleskopnya kecil, berukuran 10 cm," pungkas Andi.

Jadi, warga Indonesia bisa menyaksikan fenomena lima planet yang bersanding itu tanpa menggunakan teleskop atau alat bantu lain. Artinya, Anda bisa menyaksikannya dengan mata telanjang. 

Lokasi paling strategis untuk menyaksikannya adalah berada di tempat lapang yang jauh dari benda-benda tinggi. Kondisi cuaca setempat juga harus cerah, sehingga tidak ada awan yang menutupinya. 

Melansir dari NASA, susunan kemunculan lima planet sejajar dimulai dari Saturnus (tengah malam), kemudian Jupiter dan Mars (dini hari), disusul Venus (fajar), dan terakhir adalah Merkurius (30 hingga 40 menit sebelum matahari terbit).

Dikutip dari Live Science, kondisi sejajarnya lima planet tersebut akan terjadi hingga 27 Juni 2022. Namun kemunculannya akan menyesuaikan dengan waktu di daerah setempat. (Tribun/Rls)
×
Berita Terbaru Update