Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Bupati Toba, Akan Reklamasi Pantai Long Beach Danau Toba, Ajibata Dukung Konsep KSPN

Senin, 25 April 2022 | 17:55 WIB Last Updated 2022-04-26T02:22:47Z





TOBA- Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Sekda, Agus Sitorus dan Kadis PUPR, B Simangunsong, meninjau kawasan Paket C (Galian C) bersama Tokoh Masyarakat Toba Tuan Nanser Sirait (TUNAS) dikawasan Pantai Long Beach/Pasir Putih Ajibata, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumut, Senin (25/4/2022).


Pemkab Toba merencanakan penataan kembali sekaligus membangun sejumlah obyek wisata di Pantai Pasir Putih (Long Beach) Ajibata, guna mendukung konsep pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) seperti yang dicanangkan Pemerintah pusat demikian yang sampaikan Poltak Sitorus dalam kunjungannya.


"Keindahan Danau Toba secara khusus di Ajibata, dan memiliki Pasir Putih yang panjang, hanya di Long Beach. Dan kawasan ini adalah bagian dari proyek Galian C,  dalam waktu dekat akan kita reklamasi sebaik mungkin, sekaligus penataan yang lebih baik, karena beberapa tahun sebelumnya, program itu sempat tertunda dan pada saat ini, kami akan mencoba kembali memperbaharui program pembangunan pariwisata itu, tampa merugikan masyarakat, dan bahkan kita akan mengajak warga guna mewujudkan pembangunan itu," ujar Poltak.


Bupati juga menyikapi kisaran luas lahan Galian C di Ajibata, dimana selama ini diperkirakan 20-30 Ha, dan banyak yang di kapling serta diusahai Masyarakat dalam bentuk Ruko, rumah tinggal dan tempat bisnis lainnya. Mulai dari hamparan Pekan Ajibata sampai ke Pantai Long Beach, dengan variasi lahan berbeda itu. 

"Dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat,dan terkhusus dulu di kawasan Pantai Long Beach Ajibata," tambah Bupati.


Terkait dengan langganan genangan air saat hujan di pintu masuk Dermaga Ajibata, Bupati mengatakan dalam waktu dekat akan diperbaiki melalui PUPR karena di drainase juga sudah kita lihat ada semacam timbunan pasir yang terbawa air, berkisar 40Cm, ini akan segera diperbaiki.


Dari Tokoh Masyarakat, Tuan Nanser Sirait (TUNAS) sangat mendukung dna menyambut baik ide dan program Bupati Toba itu.


"Kami akan membantu Bapak Bupati dalam sosialisasi terkait rencana pembangunan baru di lokasi Galian C, secara khusus di Pantai Longbeach Ajibata, dan kami juga berharap suoaya Bapak Bupati juga menindaklanjuti terkait rencana prmbangunan kantong parkir dilahan yabg sudah kami siapkan, dan itu adalah daerah perkampungan kami," ujar Tunas.


Salah seorang Warga pengelola Pantai Long Beach Ringgas Pakpahan 'RP' (60), mendukung rencana Bupati Toba atas rencana pembangunan Pantai Long Beach. Asalkan Bapak Bupati, tetap memperhatikan kami sebagai pengelola selama ini, dan seandainya bangunan itu sudah selesai tentu Bapak Bupati harus memperhatikan kegiatan kami dan baiknya kami juga diberi hak mengelolanya kembali, karena kami sudah menggantungkan nasib 'Dapur Keluarga' dari pengelolaan Pasir Putih ini,Ujar RP di Pondok Rapi Long Beach Ajibata.(AS)
×
Berita Terbaru Update