Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Profil Brigjen Iwan Setiawan yang Akan Pimpin Kopassus

Selasa, 29 Maret 2022 | 20:12 WIB Last Updated 2022-03-29T17:16:33Z
Brigjen TNI Iwan Setiawan
JAKARTA (Kliik.id) - 
Brigjen TNI Iwan Setiawan bakal menjabat Danjen Kopassus menggantikan Mayjen TNI Widi Prasetijono. Brigjen Iwan Setiawan pernah melakukan pendakian ke Mount Everest di Nepal pada 1997.

Berdasarkan laman resmi TNI AD, seperti dilihat Selasa (29/3/2022), Brigjen Iwan Setiawan lahir di Kota Bandung. Ia adalah lulusan Akademi Militer tahun 1992. Brigjen Iwan Setiawan diketahui lebih banyak menjabat di lingkungan Baret Merah atau Kopassus.

Pada 1997, Kopassus mengadakan ekspedisi ke Gunung Everest. Perlu waktu persiapan lama dan dana yang cukup untuk mendaki gunung tertinggi di dunia ini. Gunung ini memiliki ketinggian 8.848 mdpl.

Kala pendakian itu, tim dibagi menjadi dua, satu tim yang terdiri atas 10 orang diberangkatkan melalui sisi selatan, sedangkan tim lainnya yang berjumlah 6 orang diberangkatkan dari sisi utara.

Saat pendakian dilakukan, sejumlah anggota tim berguguran, sampai akhirnya, terpilih 3 orang yang tercepat untuk terus melanjutkan ke puncak Everest. Salah satunya, Letkol Iwan Setiawan yang menjadi komandan tim (Kopassus).

Sayang, dua pendaki dari Kopassus gagal sampai ke titik puncak. Kapten Misirin hanya bisa sampai titik 16 meter sebelum titik puncak, meski sudah berada di area puncak. Sedangkan Iwan Setiawan hanya bisa sampai di titik 30 meter sebelum puncak.

Brigjen Iwan Setiawan pernah menjabat Komandan Korem 052/Wijayakrama, Kodam Jaya, dan Komandan Korem 173/PVB, Biak.

Seperti diketahui, Brigjen Iwan Setiawan kini menjabat Danjen Kopassus. Brigjen Iwan Setiawan menggantikan Mayjen Widi Prasetijono.

"Oke, betul," ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna kepada detikcom, Selasa (29/3/2022).

Puspen TNI belum mengumumkan rilis resmi terkait hal ini. Tatang mengatakan rilis resmi masih dalam proses pembuatan.

"Oke, sedang kita buat (rilis)," lanjutnya.

Diketahui, Mayjen Widi baru dilantik jadi Danjen Kopassus pada 21 Januari 2022. Artinya, ia hanya 3 bulan menjabat Danjen Kopassus. (Detik)
×
Berita Terbaru Update