Notification

×

Iklan

Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hadiri Kegiatan PROGRESIF BPODT di Pantai Bebas Parapat

Rabu, 23 Maret 2022 | 12:28 WIB Last Updated 2022-03-23T12:06:28Z



Simalungun - Menparekraf/Baparekraf Sandiaga Uno untuk ke dua kalinya melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Danau Toba di Tahun 2022. Pada awal bulan Februari Sandiaga Uno mendampingi Presiden RI melaksanakan kunjungan Pertama pada awal bulan Februari ke Kawasan Danau Toba.

Sandiaga Uno kembali datang ke Kawasan Danau Toba, Selasa (22/3/2022) untuk menjaga semangat masyarakat di Kawasan Danau Toba dalam menumbuhkan dan mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kunjungan Kerja Menparekraf/Baparekraf  Sandiaga Uno dimulai dengan meresmikan Gedung Creative Hub serta perhelatan Samosir Fiesta 2022. Gedung Creative Hub bertujuan agar fasilitas tersebut dapat memberikan semangat masyarakat Kawasan Danau Toba, khususnya di Samosir untuk menumbuhkan dan mengembangkan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi 'champion-champion' yang dapat menjadi percontohan bagi masyarakat dalam mempercepat pemulihan perekonomian terutama sektor pariwisata.

Setelah kunjungan tersebut beliau melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya bertemu dan ngobrol bareng beberapa komunitas samosir di atas kapal saat melakukan penyebrangan dari Pelabuhan Ambarita menuju Ruang Terbuka Publik Parapat.

Setibanya di Ruang Terbuka Publik Parapat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang didampingi oleh Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan, me-launching program PROGRESIF (Promosi Bersama Ekonomi Kreatif). Program ini merupakan program unggulan dalam memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada pelaku ekonomi kreatif di Kawasan Danau Toba untuk berkembang dan mampu mencapai pasar yang tepat sehingga mampu membangkitkan perekonomian seluruh masyarakat dengan penciptaan lapangan kerja. Program ini akan dikembangkan dalam kerangka kolabor-aksi Pentahelix (Akademi, Pelaku Usaha, Komunitas, Pemerintah, dan Media).

Kolabor-aksi ini diharapkan kerjasama dan sinergi yang kokoh dalam menciptakan industri ekonomi kreatif yang mandiri dan kontributif. Pada kesempatan ini, BPODT menghadirkan 14 UMKM yang terdiri dari 8 pelaku subsektor kuliner, 4 pelaku subsektor kriya, 2 pelaku subsektor fesyen.

Saat diwawancarai Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan perekonomian dan meningkatkan pariwisata Danau Toba lebih maju lagi dengan cara melakukan pelatihan-pelatihan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, karena kita punya destinasi kelas dunia sehingga harus diisi dengan SDM yang mumpuni.

"Kami melakukan Kerjasama dengan Poltekpar Medan dan juga Poltekpar lainnya termasuk Poltekpar Bali. Kami juga mengirim putra-putri terbaik untuk meningkatkan kemampuan Hospitalitynya. Dari segi kebangkitan ekonomi sudah mulai terasa, dari data-data yang kami terima Danau Toba mulai menggeliat ekonominya dan hasil kunjungan Presiden RI bulan Februari lalu, Presiden langsung memberikan arahan untuk menciptakan event-event dan hari ini seluruh tugas yang disampaikan Presiden sudah mulai bergulir, kami resmikan Gedung Samosir Creative Hub, hari ini kami melakukan event Bersama komunitas di Ruang Terbuka dan Pantai Bebas. Ada juga beautifikasi yang sudah ditindaklanjuti bekerja sama dengan dunia usaha. Ini yang diharapkan bagian dari 3G (Gercep, Geber dan Gaspol) dan membuka lapangan kerja." Kata Menteri saat wawancara bersama para media.

Melanjutkan agenda kunjungan kerjanya di Kawasan Danau Toba, Sandiaga Uno secara resmi membuka acara Pentas Danau Toba di Pantai Bebas Parapat dan dilanjutkan kunjungan terakhirnya ke Desa Parsaoran Sibisa mengunjungi Sanggar Seni Inang Na Uli Basa dalam rangka mempromosikan kegiatan Family Sunday Movie untuk membangkitkan industri perfilman Indonesia yang terpuruk akibat pandemik.

Turut hadir peresmian Pagelaran Event Destinasi Pariwisata Danau Toba tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Zumri Sulthony mewakili Gubernur Sumut, Sekdakab Simalungun Esron Sinaga, Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak, Kepala Dinas Parawisata Simalungun Fikri Damanik, mantan Bupati Simalungun JR Saragih, mantan Bupati Toba Darwin Siagian, para penggiat seni budaya kreatif serta tokoh masyarakat.(AS) 
×
Berita Terbaru Update