Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Kapolres Tebingtinggi Pimpin Apel Gelar Pasukan Amankan Pilkades Serentak 2022 di Sergai

Rabu, 30 Maret 2022 | 11:31 WIB Last Updated 2022-03-30T04:31:53Z
Kapolres Tebingtinggi AKBP M Kunto Wibisono memimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Huta Toba 2022.
TEBINGTINGGI (Kliik.id) - 
Dalam rangka pengamanan Pilkades serentak di 30 desa dalam 5 kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), sejumlah personel Polres Tebingtinggi dikerahkan dalam Operasi Mantap Huta Toba 2022.

Kapolres Tebingtinggi AKBP M Kunto Wibisono mengatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan personel dalam melaksanakan pengamanan pilkades serentak di Kabupaten Sergai yang masuk wilayah hukum Polres Tebingtinggi.

Untuk pengamanan tahap pungutan dan hitung suara pilkades serentak tahun 2022 tersebut, Polres Tebingtinggi menurunkan sebanyak 541 personel dengan BKO personel TNI dari Kodim 0204/DS, Sat Brimob Polda Sumut dan Dit Samapta Polda Sumut dari 30 desa, 135 TPS dan 5 kecamatan dengan jumlah DPT 58.611 orang dan calon kepala desa (cakades) sebanyak 87 orang.

"Apel pergeseran pasukan ini sangat penting untuk mengetahui kesiapan personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkades baik secara moril maupun materil, seperti perlengkapan perorangan dan sarana prasarana yang diperlukan selama pelaksanaan Operasi Mantap Huta Toba- 2022," ujar Kunto saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Huta Toba 2022 di Lapangan Batalyon B Sat Brimob Tebingtinggi, Rabu (30/3/2022).

Sudah menjadi kebiasaan, kata Kunto, setiap tahapan pilkades selalu melibatkan massa pendukung dan tentunya mengandung banyak kerawanan yang harus diantisipasi, khususnya pada tahap perhitungan suara di TPS.

"Dimana paslon pilkades akan mengumpulkan massa yang sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas seperti terjadinya aksi unjuk rasa damai sampai dengan timbulnya tindakan anarkis," katanya.

Kunto optimis pihaknya dapat melaksanakan pengamanan pilkades serentak tahun 2022 di 30 desa 5 kecamatan Kabupaten Serdang Bedagai ini dengan baik, karena memiliki pengalaman berharga pada saat pelaksanaan pilkada yang lalu.

"Berdasarkan pengalaman tersebut dapat kita evaluasi kelemahan dan kekurangannya serta kita perbaiki untuk kita tingkatkan, sehingga pengamanan pilkades serentak tahun 2022 di Kabupaten Serdang Bedagai wilayah hukum Polres Tebingtinggi dapat lebih baik lagi, situasi kondusif, aman dan tetap terjaga dengan baik," ujar Kunto.

Kunto mengingatkan para personel agar meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas. Utamakan kesehatan dan keselamatan anggota dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Jaga dan pelihara netralitas TNI-Polri, dan seluruh penyelenggara pilkades untuk mewujudkan keadilan dan kejujuran dalam pelaksanaan pilkades. Tingkatkan koordinasi dan kerjasama antar petugas pengamanan, antar kesatuan dan pelihara sinergitas yang telah terjalin dengan baik selama ini," pungkasnya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update