Notification

×

Iklan

Banner Iklan DPRD Tebing Tinggi

Ada Bom di Pelabuhan Ajibata Toba, Ternyata....

Kamis, 24 Maret 2022 | 08:27 WIB Last Updated 2022-03-24T06:37:43Z
Simulasi penjinakkan bom.
TOBA (Kliik.id) - 
Sejumlah Teknisi Gegana Korps Brimob Mabes Polri bersama Tim penjinakan Bom Sat Brimob Polda Sumatera Utara (Sumut) serta jajaran Polres Toba menggelar simulasi penanganan bom di Dermaga Pelabuhan Kapal Motor Penyeberangan Ajibata, Kabupaten Toba, Rabu (23/3/2022).

Simulasi penjinakan bom tersebut dikomandoi langsung Komandan Satuan Pasukan Penjinak Bom Korps Brimob Polri Kombes Pol M Ridwan didampingi Danden Gegana Sat Brimob Polda Sumut Kompol Hendriyanto dan Kasubden Jibom Detasemen Gegana AKP Sardi.

Dalam simulasi tersebut, petugas penjinak bom mensimulasikan adanya ancaman bom di Dermaga Pelabuhan Kapal Motor Ajibata dan simulasi juga diawali dengan petugas menerima laporan ada orang mencurigakan dari Polres Toba yang diperagakan oleh Kapolsek Lumban Julu AKP Robinson Sembiring.

Setibanya di Dermaga Penyeberangan Ajibata, sebanyak 1 tim personil Sat Brimob Polda Sumut langsung melakukan penyisiran di sejumlah kawasan Dermaga Pelabuhan Penyeberangan Ajibata.

Komandan Satuan Pasukan Penjinak Bom Korps Brimob Polri, Kombes Pol M Ridwan mengatakan bahwa kegiatan simulasi teknik menjinakkan bom melibatkan 45 personil penjinak bom dari seluruh Indonesia.

Kegiatan yang sama juga rutin digelar di berbagai daerah seluruh Indonesia. Kegiatan simulasi bertujuan untuk sharing informasi terkait teknik menjinakkan bom yang saat ini di titikberatkan di Indonesia bagian Barat antara Pulau Jawa dan Sumatera Utara.

"Tujuan simulasi, selain untuk share informasi dengan instansi pemerintahan di setiap daerah, juga bertujuan untuk latihan bersama antara teknisi penjinak bom (Jibom) dari seluruh Indonesia agar satu persepsi ketika menghadapi situasi yang nyata," ujar Kombes Ridwan.

Ridwan menjelaskan bahwa latar belakang pemilihan lokasi simulasi untuk menjinakkan bom di Dermaga Ajibata seiring dengan ditetapkannya kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas dan karena pernah ada memori kejadian bom di Sumatera Utara, Sibolga dan Polrestabes Medan.

"Melalui simulasi di Dermaga Ajibata hari ini, kita berharap dapat bersinergi dengan satuan dan instansi pemerintahan di Dermaga Ajibata ketika menemukan hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Sementara, Koordinator Pelabuhan Ajibata Rijaya Simarmata mengapresiasi simulasi menjinakkan bom yang dilakukan oleh personel Gegana di Pelabuhan Ajibata.

"Kita mengapresiasi simulasi karena Dermaga Ajibata salah satu objek vital di Destinasi Pariwisata Danau Toba dengan berbagai pengunjung," katanya.

Hadir dalam simulasi penjinakan bom tersebut, Kapolsek Lumban Julu AKP Robinson Sembiring, Koordinator Pelabuhan Ajibata Rijaya Simarmata, Kapospol Ajibata Ipda S Siringo-ringo, Aipda JR Parangin-Angin, Personel Basarnas Danau Toba dan sejumlah pegawai pelabuhan Ajibata. (Rls)
×
Berita Terbaru Update