Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan RSI

Satu Warga Medan Terpapar Omicron, Satgas Covid-19 Turun Tangan

Rabu, 29 Desember 2021 | 11:01 WIB Last Updated 2021-12-29T08:44:06Z
Foto ilustrasi. (detikcom)
MEDAN (Kliik.id) - 
Seorang pria asal Kota Medan, Sumatera Utara, dilaporkan terkonfirmasi kasus transmisi lokal virus corona varian Omicron. Saat ini, ia tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof Dr Sulianti Saroso Jakarta. 

Pria tersebut saat ini didiagnosa oleh dokter tidak mengalami gejala apapun, namun tindakan isolasi itu dilakukan untuk mencegah penyebaran.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Medan Muhammad Husni menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kemenkes RI terkait temuan satu warga Medan terkonfirmasi virus corona varian Omicron ini.

"Sudah dikoordinasikan ke Kementrian Kesehatan. Kita tindaklanjuti untuk melakukan pemetaan, pengendalian, tracing di wilayah domisili yang bersangkutan," ujar Husni saat dikonfirmasi, Rabu (29/12/2021).

Saat ini, kata Husni, pihaknya masih mencari tahu alamat pria yang terkonfirmasi varian Omicron tersebut.

Diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan adanya satu kasus penularan lokal varian Omicron.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, satu pasien Covid-19 varian Omicron tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri dan kontak erat dengan pelaku perjalanan luar negeri.

"Terbaru kasus laki-laki usia 37 tahun yang tidak ada riwayat perjalanan keluar negeri dalam beberapa bulan terakhir ataupun kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri," ujar Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (28/12/2021).

Hingga Selasa (28/12/2021) terdapat 47 kasus konfirmasi positif Omicron di Indonesia di mana 46 kasus adalah kasus impor dan satu kasus transmisi lokal.

Nadia menyebutkan, pasien tidak punya riwayat perjalanan ke luar negeri dalam beberapa bulan terakhir ataupun melakukan kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri. Pasien tersebut tinggal bersama istrinya di Medan dan mengunjungi Jakarta satu bulan sekali.

Dari catatan, pasangan suami istri itu tiba di Jakarta pada 6 Desember 2021 lalu. Kemudian, pada 17 Desember keduanya sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD Jakarta.

Saat hendak kembali ke Medan pada 19 Desember, keduanya melakukan tes antigen. Hasilnya, sang suami dinyatakan positif, sementara istrinya negatif.

"Lalu dilakukan PCR pada tanggal 20 Desember dan terkonfirmasi Omicron didapatkan dari hasil pada tanggal 26 Desember," ujar Nadia. (Detik)
×
Berita Terbaru Update