Notification

×

Iklan

Iklan

Yusuf Ginting: KNPI Tebingtinggi Dukung Kongres Islah Bersama

Jumat, 19 Maret 2021 | 19:26 WIB Last Updated 2021-03-19T18:54:10Z
Ketua DPD KNPI Kota Tebingtinggi Yusuf Liandar Ginting
TEBINGTINGGI (Kliik.id) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tebingtinggi mendukung penuh pelaksanaan Kongres Islah bersama KNPI yang digagas DPP KNPI.

"Kami dari KNPI Noer Fajrieansyah mendukung penuh pelaksanaan Kongres Islah atau Kongres bersama ini karena seharusnya pemuda itu harus bersatu dan tidak terpecah seperti saat ini," ujar Ketua DPD KNPI Kota Tebingtinggi Yusuf Liandar Ginting dalam keterangannya, Jumat (19/3/2021).

Yusuf mengatakan, dengan adanya Kongres bersama ini diharapkan KNPI tidak ada lagi kubu-kubuan dan bersatu dalam wadah KNPI seperti waktu sebelumnya.

"Dengan terpecahnya KNPI menjadi tiga kubu mengakibatkan marwah KNPI itu turun," kata alumni hukum UISU ini.

"Kami juga berharap agar Kongres bersama ini menjadi tonggak sejarah bersatunya kembali pemuda dalam wadah satu KNPI sehingga marwah KNPI bisa bangkit kembali dan bisa mengambil peran strategis di tengah-tengah masyarakat," ucap Yusuf.

Sebelumnya, Ketua DPD KNPI Sumut El Adrian Shah juga menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan kongres bersama KNPI yang sudah sekian lama terpecah.

"Saya selaku Ketua DPD KNPI Sumatera Utara sangat mendukung islah yang dilakukan oleh seluruh pengurus DPP KNPI di Jakarta, karena akibat perpecahan di tubuh KNPI selama ini membuat pemuda tidak mampu menjalankan perannya secara maksimal," ujar El Adrian Shah dalam keterangannya, Rabu (16/3/2021).

Menurut pria yang akrab disapa El ini, perpecahan juga membuat pemerintah daerah gamang dalam bersikap. Sebab perpecahan telah menimbulkan konflik kepentingan yang pada akhirnya peran pemuda melalui wadah KNPI semakin terpinggirkan.

"Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh elemen pemuda untuk mendukung islah melalui pelaksanaan kongres bersama DPP KNPI," ujarnya.

Ketika ditanya mengenai tanggapan pengurus DPD KNPI Sumut dalam menyikapi islah, El menyatakan bahwa seluruh pengurus DPD KNPI Sumut solid dan satu suara mendukung islah tersebut.

"Seluruh pengurus DPD KNPI Sumut satu suara mendukung islah," tuturnya.

Lebih jauh, El mengusulkan Sumatera Utara sebagai tuan rumah pelaksanaan kongres bersama Pemuda/KNPI.

"Kami akan berkomunikasi dengan DPP untuk mengusulkan Sumatera Utara menjadi lokasi pelaksanaan kengres bersama DPP KNPI," sebutnya.

3 Kubu KNPI Islah

Diketahui, tiga kelompok Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) islah. Mereka sepakat menggelar Rapimpurnas dan Kongres bersama XVI pada 2021.

Ketua umum dari tiga kubu KNPI, yaitu Noer Fajrieansyah, Abdul Azis, dan Mustahuddin, berkumpul bersama di Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat.

Mereka menandatangani kesepakatan bersama didampingi Sekretaris Jenderal masing-masing, yaitu Addin Jauharudin, Jackson AW Kumaat, dan Yamitema Tirtajaya Laoly.

"Hari ini sangat bersejarah bagi pemuda Indonesia karena berdasarkan kesadaran bersama kami pimpinan dari tiga kelompok DPP KNPI pada hari ini sepakat konflik yang selama ini terjadi harus diakhiri dan jangan ada lagi perpecahan pemuda ke depannya. Karena itu kami bertemu hari ini untuk melaksanakan kongres bersama sesuai dengan harapan pemerintah dan OKP yang selama ini bernaung di bawah DPP KNPI," ujar Addin, Sekjen DPP KNPI versi Noer Fajrieansyah, dalam keterangan tertulis, Senin (8/3/2021).

Sementara itu, Jackson Kumaat sebagai Sekjen DPP KNPI berbicara mengenai pemecatan Haris Pertama sebagai ketua umum. Kini DPP KNPI versi mereka dipimpin Plt Ketua Umum Mustahuddin.

"Kami sadar untuk menepikan dahulu permasalahan yang selama ini terjadi dan meyakini persatuan pemuda merupakan hal yang dibutuhkan oleh masyarakat terutama menghadapi pandemi COVID-19 yang menghantam bangsa kita selama ini. Terlebih kesepakatan untuk bersatu ini merupakan amanat dari rapat pleno yang baru saja kemarin kita lakukan pasca-mencopot Haris Pertama untuk segera melakukan konsolidasi kepada Ketua Umum DPP KNPI lainnya untuk mempercepat proses persatuan pemuda," ujar Jackson.

Sedangkan Ketua DPP KNPI Abdul Azis menyatakan pertemuan itu menjadi pertemuan bersejarah bagi pemuda Indonesia. Dia berharap tidak ada lagi perpecahan ke depannya.

"Pertemuan ini merupakan komitmen kami untuk menjaga persatuan dan kesatuan pemuda sesuai dengan harapan pemerintah dan organisasi kepemudaan (OKP) yang selama ini berhimpun di DPP KNPI. Insya Allah kami akan segera melakukan kongres bersama dan tidak akan ada lagi perpecahan pemuda." ujar Azis. (Rls)
×
Berita Terbaru Update