Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan Lekkers

Ketua DPRD Sumut Minta KONI Sosialisasi Perda Olahraga

Sabtu, 06 Maret 2021 | 09:27 WIB Last Updated 2021-03-06T07:34:04Z
Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting memberikan paparan di hadapan pengurus KONI.
MEDAN (Kliik.id) - Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting mengajak Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis keliling untuk mensosialisasikan Peraturan Daerah Provsu Nomor 1 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Olahraga.

Demikian disampaikan Baskami dalam acara Sosialisasi Perda Olahraga itu di Halaman Gedung KONI Sumut, Jalan Pancing/Williem Iskandar Medan Estate, Jumat (5/3/2021).

"Ayo Pak John keliling Sumatera Utara untuk mensosialisasikannya, supaya masyarakat di daerah tahu sudah ada Perda Inisiatif Dewan. Saya sangat tertarik dengan Perda ini," ujar Politisi PDI Perjuangan ini.

"Tanpa olahraga, kita tidak ada apa-apanya," sambungnya.

Dipandu Moderator Budi Valianto dengan narasumber John Ismadi Lubis, Baskami membenarkan besaran anggaran pembinaan olahraga memang tidak ditetapkan secara tegas.

"Besar anggarannya dinamis, tergantung kepada kemampuan dan cabor prioritas masing-masing kota kabupaten," katanya di hadapan para peserta sosialisasi yang terdiri dari pengurus KONI Sumut, Ketua Pengprov Cabor serta beberapa Ketua KONI Kabupaten/Kota.

Dijelaskan Baskami, Perda Olahraga ini sudah disahkan sejak setahun lalu, namun baru kali pertama ini disosialisasikan.

"Sebagai langkah awal disampaikan kepada para pengurus olahraga, baru nantinya kepada masyarakat. Kita kan mau tuan rumah PON 2024, jangan nanti pengurus olahraga tidak tau tentang Perda Olahraga," tutur Baskami.

Pihaknya pun mendapat masukan dan kritik dari pengurus cabor hoki (mewakili olahraga beregu) dan karate (olahraga perseorangan) serta Wakil Ketua II KONI Sumut Sakiruddin.

"Kita bersyukur Perda Olahraga Sumut sudah disahkan sejak setahun lalu. Namun kita jangan larut bersosialisasi, tetapi lupa menerbitkan Pergub (Peraturan Gubernur) sebagai tindak lanjutnya," papar Sakir.

"Sebagaimana halnya Undang Undang, mesti ditopang dengan kehadiran Peraturan Pemerintah (PP), sehingga bisa diterapkan di tengah-tengah masyarakat," ungkap mantan gelandang PSMS Medan dan Persiraja Banda Aceh tersebut.

Sebelumnya John Ismadi Lubis sebagai narasumber juga menyatakan rasa syukurnya, karena Sumut sudah memiliki Perda Olahraga.

Dia berharap kehadiran Perda ini bisa menjawab kebutuhan ataupun kendala yang dihadapi dunia olahraga Sumut.

"Namun sama seperti UU Nomor 3 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, Perda Olahraga Sumut ini juga tidak mencantumkan jaminan mengenai anggaran olahraga. Tidak ada ditetapkan secara tertulis, berbeda dengan anggaran pendidikan," pungkasnya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update