Notification

×

Iklan

Iklan

KEREN, Launching Medan 'The Kitchen Of Asia', 7 Ruas Jalan di Kesawan Ditutup

Rabu, 24 Maret 2021 | 18:04 WIB Last Updated 2021-03-24T11:55:05Z
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat berkunjung ke bangunan bersejarah di kawasan Kesawan.
MEDAN (Kliik.id) - Wali Kota Medan Bobby Nasution akan menggelar Soft Launching kawasan Kesawan City Walk pada Minggu (28/3/2021) mendatang.

Dalam pelaksanaan launching tersebut, akan dilakukan rekayasa lalulintas dengan menutup sejumlah ruas jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis mengatakan, 7 ruas jalan akan ditutup dan beberapa badan jalan di kawasan Kesawan akan dijadikan lokasi parkir.

Jalan yang ditutup yakni Jalan utama Ahmad Yani/Kesawan Square, Jalan Mesjid, Jalan Ahmad Yani IV, Jalan Ahmad Yani I, Jalan Gwang Zhu, Jalan Perdagangan, dan Jalan Ahmad Yani II.

"Ada beberapa ruas jalan yang ditutup, sebagian ruas Jalan Pulau Pinang akan dijadikan lokasi parkir sampai ke Jalan Balai Kota," ujar Iswar dalam keterangannya, Rabu (24/3/2021).

Iswar menjelaskan, rekayasa lalulintas akan dilakukan sepanjang pukul 18.00 WIB sampai 24.00 WIB. Sementara di luar jam tersebut, lalulintas kembali normal.

"Ini dilakukan khusus malam, dari jam 6 sore sampai jam 12 malam. Di luar itu tetap normal," katanya.

Sementara untuk kawasan UMKM akan berada di sepanjang ruas jalan yang ditutup. Jalan utama Ahmad Yani atau Kesawan Square merupakan jalur khusus pedestrian atau pejalan kaki.

"Untuk UMKM berada tidak di Jalan utama melainkan di jalan-jalan sekitar jalan Ahmad Yani," katanya.

Pembayaran Parkir Elektronik

Sebagai wilayah percontohan, Iswar mengatakan pada 28 Maret 2021 nanti juga akan dilakukan uji coba penerapan pembayaran parkir nontunai.

"Sekalian nanti kita juga akan soft launching pembayaran parkir dengan menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)," kata Iswar.

Dijelaskannya, pembayaran nontunai ini dilakukan dengan memindai kode batang (barcode) yang dipakai oleh petugas parkir.

"Jadi nanti masing-masing petugas parkir menggunakan barcode yang dikalungkan di lehernya, nanti tinggal discan saja dari situ untuk membayarnya," ungkapnya.

Iswar mengatakan pihaknya telah menyiapkan sebanyak 34 petugas parkir yang akan bertugas di kawasan percontohan Kesawan City Walk.

"Ada 34 petugas parkir nanti yang akan bertugas di situ dengan pembagian dua shift," katanya.

Iswar menekankan, pemberlakuan pembayaran parkir nontunai akan diterapkan di seluruh wilayah Kota Medan dalam waktu dekat.

Namun, kata Iswar, untuk tahap awal, kawasan Kesawan City Walk akan menjadi kawasan uji coba dan percontohan.

"Sebenarnya pembayaran parkir nontunai akan kita lakukan di seluruh wilayah Kota Medan. Tapi untuk tahap awal ini, sembari melakukan persiapan dan sosialisasi, kita jadikan kawasan Kesawan ini sebagai lokasi percontohan," pungkasnya. (Rls)
×
Berita Terbaru Update