Notification

×

Iklan

Iklan

Kepala BPEK Sugianto Makmur Nilai Pentingnya Kembangkan Durian Unggul di Sumut

Rabu, 24 Maret 2021 | 18:17 WIB Last Updated 2021-03-24T12:09:34Z
Kepala BPEK PDIP Sumut Sugianto Makmur
MEDAN (Kliik.id) -  Bicara durian, tentu kita langsung teringat Musang King dan Montong. Dua durian yang sangat terkenal. Apakah dua jenis durian ini durian hasil pemuliaan?

Bukan! Musang King dan Montong adalah durian kampung yang memang super. Berdaging tebal, biji buah kecil dan memiliki rasa yang enak.

Bukankah di Indonesia, masih banyak kita temukan durian istimewa di daerah-daerah?

Hal tersebut ditanyakan oleh Kepala BPEK (Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan) DPD PDIP Sumut Sugianto Makmur dalam wawancara khusus, Rabu (24/3/2021).

Bertolak dari kenyataan di atas, BPEK PDIP Sumut merasa sangat penting untuk segera menemukan dan memperbanyak Pohon Durian Unggul yang ada di seluruh Sumut.

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan pohon bersangkutan ke Kementrian Pertanian sebagai Durian Unggul Nasional.

Ada berbagai jenis durian unggul lokal yang sudah terdaftar di Kementerian Pertanian. Contohnya Durian Bintana, Durian Sikapal, Durian Sikesit, Durian Tembaga, Durian Kane, Durian Otong, Durian Matahari, Durian Sijantung dan Durian Petruk.

Varietas durian ini tersedia di UPT Benih Induk Hortikultura Gedung Johor, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara.

"Pada masa sekarang, karena pohon-pohon durian (di daerah) tersebut tidak pernah dipupuk, banyak buahnya yang menjadi tawar. Maka BPEK berinisiatif memberikan pupuk gratis. Pupuk ini adalah pupuk lengkap, unsur makro, unsur mikro, sulfat dan mikroba," ujar Sugianto Makmur yang didampingi oleh Sekretaris BPEK Indah Dameria Lumban Tobing.

BPEK Sumut berencana, sesudah pohon berbuah, akan dilakukan verifikasi apakah buah tersebut layak dikategorikan sebagai Pohon Durian Unggul Nasional. Bila masuk kategori, maka akan segera didaftarkan ke Kementerian Nasional.

Langkah terakhir adalah membantu supaya tata niaga durian bisa menguntungkan petani durian. Ini dimulai dengan Sayembara Durian. Selanjutnya akan diperbanyak pohon-pohon bersangkutan untuk diberikan kepada masyarakat setempat.

"Dan akan dibantu supaya ada outlet penjualan Durian Unggul di kota-kota besar dengan harga yang menguntungkan petani," kata Sugianto. (Rls)
×
Berita Terbaru Update