Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan Lekkers

Pesan Sri Mulyani, Sandi Uno hingga Ahok di Tahun Baru Imlek

Jumat, 12 Februari 2021 | 14:19 WIB Last Updated 2021-02-12T11:24:54Z
Foto: Antara
JAKARTA (Kliik.id) - Sejumlah menteri di bidang ekonomi menaruh harapan dan doa di perayaan Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili. Ucapan itu disampaikannya melalui akun media sosial dengan disertakan foto maupun video.

Ucapan imlek datang dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Dirangkum Jumat (12/2/2021), berikut ucapan para menteri di Tahun Baru Imlek:

1. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaknai Tahun Baru Imlek ini sebagai rasa syukur atas rezeki yang telah didapatkan dan melambangkannya sebagai keharmonisan dalam kehidupan.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2021. Perayaan imlek dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki yang telah diterima dan berharap terus diberkahi kemakmuran. Tahun baru imlek juga melambangkan keharmonisan di dalam kehidupan," demikian dikutip dari akun @smindrawati.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu berharap perayaan Tahun Baru Imlek kali ini dapat terselenggara dengan sederhana, namun tanpa mengurangi makna aslinya. Dia berharap Indonesia terus dilimpahi berkah, kemakmuran dan keharmonisan beragama.

"Walaupun tidak bisa melakukan perayaan semeriah tahun-tahun sebelumnya, saya harap seluruh warga Tionghoa tetap dapat merasakan kemeriahan dan bersuka cita bersama keluarga di perayaan Imlek tahun ini. Semoga Indonesia senantiasa dilimpahi berkah, kemakmuran, dan keharmonisan dalam keberagaman. Gong Xi Fa Cai," katanya.

2. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menyampaikan ucapan dan memaknai Tahun Baru Imlek seperti Sri Mulyani. Di tahun kerbau ini dia berharap semakin banyak masyarakat yang kerja keras hingga berperilaku jujur.

"Tahun ini berdasarkan kalender ini, disebut dengan Tahun Kerbau Logam. Saya membaca pendapat sejumlah pakar fengshui yang menyebutkan, bahwa kerbau selalu bergerak ke depan ketika bekerja. Jadi, diharapkan di tahun ini kita juga bisa terus maju jika bekerja keras, ulet, kuat, dan jujur," ujarnya lewat akun @budikaryas.

Budi Karya mencontohkan salah satu kerja keras yang dibutuhkan adalah melewati pandemi COVID-19. Untuk itu, di perayaan Tahun Baru Imlek ini dia berharap agar masyarakat merayakannya di rumah saja dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kerja keras semacam itu dibutuhkan, agar kita bisa bersama-sama melewati masa pandemi ini. Perlu kerja bersama-sama agar kita dapat memutus mata rantai COVID-19. Salah satunya adalah dengan merayakan Tahun Baru Imlek #dirumahsaja bersama keluarga, dan tidak bepergian jika tidak sangat perlu. Perayaan imlek dirumah saja, tidak mengurangi makna perayaan Imlek, yakni bersyukur dan doa harapan untuk keselamatan dan limpahan rizki," katanya.

Perayaan Tahun Baru Imlek disebut bisa dilakukan dengan sederhana dan memanfaatkan teknologi yang ada.

"Adapun menjaga hubungan dengan keluarga dan kerabat, tentunya masih bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Silahturahmi tetap dapat dilakukan dengan misal telepon, video call, teleconference, dan lain-lain," katanya.

3. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga mengucapkan perayaan Tahun Baru Imlek melalui akunnya @sandiuno. Dia berharap di tahun ini semua masyarakat diberi kesehatan, keberkahan, damai dan sejahtera.

"Xin nian kuai le. Selamat tahun baru Imlek 2572. Semoga kita semua diberikan kesehatan, keberkahan, kedamaian dan kesejahteraan. #imlek," imbuhnya.

4. Menteri BUMN Erick Thohir

Doa yang sama agar diberi kesehatan juga disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir. Ucapannya itu disertai video singkat yang menampilkan klenteng Hian Thian Siang Tee.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2572. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan di tahun ini," tulis akun @erickthohir.

5. Wamendag Jerry Sambuaga

Wamendag Jerry Sambuaga berharap tahun kerbau logam menjadi titik tolak pemulihan ekonomi dan kesehatan di Indonesia, Ia berharap di tahun kerbau logam ini semua pihak bekerja keras dan bekerja sama mengatasi tantangan-tantangan terutama berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang belum usai.

"Saya mengucapkan Selamat Imlek, semoga kita bisa mendapatkan berbagai hasil positif dengan kerja keras mengatasi tantangan baik di bidang kesehatan, ekonomi maupun perdagangan." Kata Jerry.

Menurut Jerry, tantangan di tahun 2021 di bidang perdagangan adalah bagaimana memulihkan kondisi sebagaimana sebelum terjadi pandemi.

Kemendag mencatat banyak sektor dan jasa perdagangan terdampak oleh pandemi seperti di industri kuliner, jasa perhotelan, jasa pariwisata dan sebagainya.

Perdagangan yang melibatkan UMKM juga tak luput dari pengaruh pandemi. Sebaliknya terjadi pergeseran (shifting) ke produk-produk kesehatan dan layanan dasar dan juga kebugaran.

6. Komisaris Utama Pertamina Basuki T Purnama

Komisaris Utama Pertamina Ahok membagikan potret kebahagiaan dengan keluarganya mulai dari ibu kandung, istri, dan anaknya.

Ahok berharap Tahun Baru Imlek kali ini bisa memberikan kesehatan bagi semua orang, termasuk suka cita dan kedamaian.

"Semoga di tahun baru ini, tahun kerbau ini, kita selalu diberi kesehatan, dicukupi semua kebutuhan, dan selalu ada suka cita, kebahagiaan, serta damai sejahtera Allah dalam keadaan apapun di hidup ini," tulis akun pribadi @basukibtp.

(Detik)
×
Berita Terbaru Update