Notification

×

Iklan

Iklan

Banner Iklan Lekkers

Akhyar Nasution Dilantik Jadi Wali Kota Medan Definitif Besok

Rabu, 10 Februari 2021 | 19:10 WIB Last Updated 2021-02-11T11:25:02Z
Akhyar Nasution
MEDAN (Kliik.id) - Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi akan melantik Akhyar Nasution sebagai Wali Kota Medan definitif sisa masa jabatan 2016-2021. Pelantikan akan dilakukan besok.

"Benar, besok Pak Akhyar akan dilantik oleh gubernur pukul 13.00 WIB di Aula Tengku Rizal Nurdin," ujar Kadiskominfo Sumut, Irman saat dikonfirmasi, Rabu (10/2/2021).

Irman mengatakan pelantikan Akhyar sudah dijadwalkan oleh Biro Otonomi Daerah (Otda) Provinsi Sumut. Pelantikan ini dilakukan setelah surat keputusan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) keluar.

"Pelantikan ini dilakukan karena sudah keluarnya SK dari Mendagri, jadi hak-hak beliau untuk dilantik harus dijalankan," jelasnya.

Akhyar sebelumnya merupakan Wakil Wali Kota Medan mendampingi Dzulmi Eldin. Dia kemudian menjadi Plt usai Eldin terjerat kasus korupsi.

Eldin dipecat dari jabatan Wali Kota Medan lantaran dijebloskan ke penjara setelah dinyatakan bersalah menerima suap Rp 2,1 miliar. Eldin divonis 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 4 bulan kurungan.

"Dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi," ujar hakim saat membacakan vonis di PN Medan, Kamis (11/6/2020).

Hakim juga memberi hukuman tambahan berupa pencabutan hak politik selama 4 tahun. Eldin tak mengajukan banding sehingga putusan tersebut berkekuatan hukum tetap. Namun Eldin mengajukan peninjauan kembali (PK) sesudah putusannya inkrah. (Detik)
×
Berita Terbaru Update