Notification

×

Iklan

Jokowi: Masjid Sheikh Zayed Jadi Simbol Persahabatan Indonesia-UEA

Senin, 14 November 2022 | 21:00 WIB Last Updated 2022-11-15T02:04:39Z
Presiden Jokowi dan Presiden MBZ di depan Masjid Raya Shiekh Zayed. (Instagram @jokowi)
JAKARTA (Kliik.id) - 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed (MBZ) telah meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo. Jokowi mengatakan masjid raya itu akan menjadi simbol persahabatan rakyat Indonesia dan UEA.

"Masjid ini akan menjadi simbol persaudaraan, simbol persahabatan antara rakyat Indonesia dan rakyat UEA," kata Jokowi dalam pernyataan pers seperti dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/11/2022).

Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed dilakukan Jokowi pada pagi tadi. Setelah dari Solo, Jokowi lanjut bertolak ke Bali untuk mengikuti serangkaian pertemuan bilateral. Tentang Masjid Raya Sheikh Zayed Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa sebelumnya mengatakan masjid ini berdiri di lahan seluas 3,6 hektare. Dia mengatakan masjid ini bisa menampung 10 ribu orang.

"Kalau normal bisa sampai 10 ribu (orang) sampai selasar luar, kalau (bangunan) inti 4 ribu (orang), lantai atas dan bawah," kata Teguh saat meninjau Masjid Sheikh Zayed, Rabu (18/10/2022).

Masjid pemberian MBZ dengan anggaran sekitar Rp 300 miliar. Teguh menyebut, selain untuk salat, masjid bernuansa putih dan emas itu juga bisa dimanfaatkan untuk pengajian dan wisata religi.

Dia mengatakan Masjid Sheikh Zayed pun bisa dikunjungi masyarakat umum. Lahan parkirnya yang luas bisa menampung 28 armada bus.

Masjid Sheikh Zayed yang terletak di Jalan A Yani Nomor 128, Gilingan, Kecamatan Banjarsari memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi.

Seperti dilansir dari surakarta.go.id, di dalamnya terdiri dari bangunan masjid, ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, dan basement yang digunakan untuk tempat wudhu putra dan putri.

Arsitektur yang diusung dalam bangunannya dibuat mirip dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA. Masjid Sheikh Zayed di Solo juga dirancang memiliki 4 menara dan 1 kubah utama.

Adapun kubah-kubah kecil dan ornamen bangunan khas Timur Tengah yang mengelilingi. Arsitektur Islam modern ini menggambarkan persahabatan antara UEA dan Indonesia. (Detik)
×
Berita Terbaru Update